Inovasi dan Tantangan Geografi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Veronika Wawo
Keywords: Inovasi, Tantangan Geografi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Abstrak: Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Kurikulum Merdeka memiliki tiga karakteristik yaitu pengembangan soft skills dan karakter, fokus pada materi esensial, dan pembelajaran yang fleksibel. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Geografi. Berdasarkan hasil studi literatur diketahui bahwa terdapat tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Geografi. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk menjawab tantangan tersebut.

References

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Artini, N. S., & Astawa, I. B. M. (2019). STUDI TENTANG KOMPONEN PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA ANTARA WILAYAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN BULELENG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpg.v7i1.20677

Handoyo, B., & Soekamto, H. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI (Tim Editor Bayfa Cendekia, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. Bayfa Cendekia Indonesia .

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KARAKTER BANGSA. 6, 1224–1238.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3156

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA (1st ed., Vol. 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2, 408–423.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2022). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH. https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index.

Rahma, M. N. (2022). Pemikiran Konsep Kurikulum Dua Tokoh Negara Yang Berbeda. 2(4).

Published
2024-01-02