Sebaran Dan Aksesibilitas Sekolah Dasar Berbasis Islam Berdasarkan Jumlah Penduduk Muslim Di Kota Kupang

  • Muhammad Husain Hasan
Keywords: Sebaran, Aksesbilitas, Sekolah Dasar Islam, Penduduk Muslim

Abstract

Abstrak: Ketersediaan sarana pendidikan yang bersifat eksklusif berupa sekolah berbasis Islam dibutuhkan khususnya sekolah dasar untuk menunjang konsistensi pendidikan berbasis Islam pada jenjang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui jumlah dan sebaran sekolah dasar berbasis Islam Di Kota Kupang; 2). mengetahui rasio ketersediaan  sekolah dasar berbasis Islam terhadap jumlah penduduk Muslim; 3). aksesibilitas sekolah-sekolah dasar berbasis Islam Di Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif dengan populasi penelitian adalah sekolah dasar Islam Di Kota Kupang. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi data sekunder dari instansi terkait dan survey terbatas pada objek yang diteliti khususnya mengenai posisi dan aksesibilitas sekolah. Teknik pengelolahan dan analisis data menggunakan tabulasi dan persentasi dan untuk peta-peta tematik menggunakan software ArcGis. Hasil penelitian menunjukkan:1). Jumlah sekolah dasar Islam Di Kota Kupang sebanyak 10 sekolah dan tersebar di 6 kecamatan; 2). Rasio ketersediaan sekolah dasar Islam yaitu 15,47 dimana angka ini menunjukkan bahwa setiap 10.000 penduduk Muslim usia 7-15 tahun tersedia 15 sekolah; 3). Aksesibilitas sekolah-sekolah dasar Islam Di Kota Kupang umumnya baik dengan ketersediaan akses jalan lokal hingga jalan setapak, moda transportasi kendaraan pribadi yang umumnya digunakan oleh orang tua, dan hanya terkendala pada fenomena kemacetan di pagi hari dan posisi sekolah yang tidak berada pada jalan kolektor atau jalan utama.

References

Badan Informasi Geospasial. (2016). Peta Rupa Bumi Indonesia Kabupaten Kupang.

Bappelitbangda Provinsi NTT. (2023). Profil Nusa Tenggara Timur. https://localisesdgs-indonesia.org/profil-tpb/profil-daerah/17

Dinas Pekerjaan Umum Kota Kupang. (2019). Panjang Jalan Menurut Kondisinya Di Kota Kupang.https://kupangkota.bps.go.id/indicator/17/362/1/panjang-jalan-menurut-kondisi-jalan.html

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonrpogo. (2023). Indeks jumlah sekolah. https://satudata.kulonprogokab.go.id/index.php/lihat/metadata_detil/64

Fidani, W. L., & Prarikeslan, W. (2019). Analisis Kebutuhan Dan Sebaran Fasilitas Pendidikan Tingkat Smp Dan Sma Di Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Buana, 3(6), 1152. https://doi.org/10.24036/student.v3i6.614

Hasan, et al. (2022). Distribution Pattern Of Bugis Stalls In The Hierarchy Of Socio-Economic Services In Kupang City. Eurasia: Economics & Business, 12(66), December 2022, 12(December), 67–76.

Kementerian Agama Kota Kupang. (2022). Jumlah Pemeluk Agama Menurut Kecamatan Di Kota Kupang. https://kupangkota.bps.go.id/indicator/108/137/1/jumlah-pemeluk-agama-menurut-kecamatan.html

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Data Sekolah Dasar Islam Kota Kupang.https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/7484B3E2-2850-46FC-B1E8-83996C5BF525

Muhammad, A. M., Giyarsih, & Sri Rum. (2023). Analisis Kualitas Layanan Pendidikan SMA/Sederajat Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Wilayah Perdesaan dan Perkotaan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 10(1), 81–92. https://doi.org/10.20527/jpg.v10i1.14150

Nurdin et al; (2019). Motivasi Orang Tua Dalam Dalam Memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu Bagi Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(July), 1–23.

Permadi, W. S. (2018). Analisi Sebaran Lokasi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sungkai UTtara Kabupate Lampung Utara Tahun 2016. 2016.

Syaifudin, M., & Murtini, S. (2017). Analisis Daya Tarik, Promosi Dan Konektivitas Objek-Objek Wisata Heritage Di Kota Surabaya. Swara Bhumi, 4(4), 1–5.

Yuniarman, A., Hirsan, F. P., & Kurniawan, A. (2023). Identifikasi potensi kawasan desa sokong berdasarkan karaktersitik fisik dasar dan fisik binaan. 7, 118–129. https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.12487

Published
2024-01-02