Gaya Belajar Pada Pembelajaran Geografi

  • Agustinus Hale Manek Universitas Nusa Cendana
Keywords: Gaya Belajar, Pembelajaran Geografi

Abstract

Pembelajaran geografi harus mampu mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk berpikir secara kritis, analitis, dan kreatif dalam mengidentifikasi, memahami, dan memecahkan suatu permasalahan. Pada pembelajaran geografi akan melibatkan perbedaan karakteristik peserta didik dalam menyerap dan memproses pembelajaran yang diterima. Perbedaan karakteristik peserta didik dalam menyerap dan memproses pembelajaran tersebut dinamakan gaya belajar. Gaya belajar yang dimiliki setiap individu bersifat permanen. Hal ini dikarenakan gaya belajar biasanya dirasakan sebagai proses yang sangat jelas, rutin dan menjadi kebiasaan yang dimiliki setiap individu dalam kesehariannya. Gaya belajar penting untuk dikenali karena, keberhasilan seorang peserta didik dalam menangkap pembelajaran dipengaruhi oleh gaya belajarnya. Pencapaian tujuan pembelajaran akan maksimal ketika pendidik memahami gaya belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian pustaka dari berbagai literature yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan bahwa pada pembelajaran geografi peserta didik perlu dibantu untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya agar dapat dengan mudah menyesuaikan pada proses pembelajaran. Peserta didik yang dapat menyesuaikan gaya belajar pada saat pembelajaran akan lebih mudah dalam menerima dan mengelola informasi.

References

Amin, A., & Suardiman, S. P. 2016. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan model pembelajaran. Jurnal Prima Edukasi, (online), 4 (1): 12-19. http://scholar.google.co.id/citations.id).

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Versi 1.0

Coffiled, F., Moseley, D., Hall, E., & Ecclestone, K. 2004. Learning Styles and Pedagogy in Post-16 Learning: A Systematic and Critical Review. Technical Report 041543, Learning and Skills Researc Centre.

De Porter, B. & Hernacki, M. 2015. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penterjemah : Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. 2010. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gokalp, M. 2013. Te Effect of Students’ Learning Styles to Their Academic Success. Scientific Research (Creative Education). (online), Vol. 4, No. 10, 627-632. http://www.scirp.org/jpurnal/ce.

Kemendikbud, 2017. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21, Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Dit. PSM Ditjen Pendidikan dan Menengah. Jakarta.

Khurshid, S. K. 2015. The Charismatic Blend of Learning & Teaching Styles in Cross-Cultural Scenario of Jazan University. Science Direct. Procedia Social and Behavioral Sciences. (online), (192) 275-283.

Kiik, Silvester, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (Jurnal tidak dipublikasi).

Kolnik, Karmen. 2012. Some Features Of The Interactive Whiteboards For Geography Teaching In Slovenia. International Journal on New Trends in Education and Teir Implications. (online), 3 (3): 10. ISSN 1309-6249. www.ijonte.org.

Lee, C. K., & Sidu, M. S. 2015. Enginering Students Learning Preferences in UNITEN: Comperetive Study and Patterns of Learning Styles. Educational Technology & Society,(online), 18, (3), 266-281.

Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12245

Manek, A. H. (2023). Pengaruh Model Spasial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG). Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v4i1.2131

Wijayanti, 2016. Perbandingan Model Group Investigation Dengan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (online), 1 (5) 5: 948-957. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6326/2699.

Yee, M. H., Yonus, J. Md., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. 2014. Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills Among Technical Student. Science Direct. Procedia-Social and Behavioral Sciences, (online) 204 (2015) 143-152.

Zhang, L. F., Sternberg, R., & Reyner, S. 2012. Handbook of Intellectual Styles Preferences in Cognition Learning and Thinking. New York: Springer Publising Company.

Published
2024-01-02