Terminologi Studi Kependudukan Terhadap Pembelajaran Geografi

  • Achmad Isya Alfassa
  • Natalia Adel H. N. Mari
Keywords: Terminologi, Kependudukan, Pembelajaran Geografi

Abstract

Terminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang batasan-batasan atau definisi istilah suatu keilmuan. Studi kependudukan adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu kependudukan yang terdiri dari beberapa indikator kependudukan dan geografi yang dikaitkan dengan keilmuan statistika kependudukan dan teknik analisis data kependudukan. Geografi adalah keilmuan yang mempelajari tentang segara aktivitas manusia dan alam serta interasi keduanya melalui perspektif ruang yang dapat menjadi suatu pola tertentu. Penelitian ini bertujuan utnuk menjelaskan secara empiris tentang terminology studi kependudukan terhadap pembelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara studi empiris. Hasil dari penelitian terdapat model terminologi studi kependudukan terhadap pembelajaran geografi baik secara indikator kependudukan maupun indikator geografi. Selain itu hasil penelitian ini juga memperlihatkan hubungan indikator pembelajaran baik itu ilmu kependudukan dan ilmu geografi dalam terminologi studi kependudukan terhadap pembelajaran geografi.

References

Al Fassa, A. I. (2018). Aplikasi Self Organizing Maps dan Webgis dengan menggunakan R dan QGIS untuk Analisis Kependudukan 100 Negara di Dunia.

Alfassa, A. I. (2022). Statistika Kependudukan Untuk Rencana Kebijakan Kependudukan Daerah. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 2(2), 76-85.

Imani, N., Alfassa, A. I., & Yolanda, A. M. (2023). ANALISIS CLUSTER TERHADAP INDIKATOR DATA SOSIAL DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR MENGGUNAKAN METODE SELF ORGANIZING MAP (SOM). Jurnal Gaussian, 11(3), 458-467.

Alfassa, A. I. (2023). Bayesian Statistics for Study Population Statistics and Demography. Journal of Statistical Methods and Data Science, 1(1), 17-24.

Abidin, Z. TERMINOLOGI SATUAN UKURAN YANG DISEDIAKAN KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI) DARING UNIT OF MEASURE TERMINOLOGY PROVIDED BY KBBI ONLINE.

Kashi, R. Y., Sulhaerati, S., Maulina, G., Septian, Y. D., Alfassa, A. I., & Widodo, E. (2018). Analisis Cluster Terhadap Data Imunisasi Polio di Indonesia Tahun 2016 Menggunakan Metode Self Organizing Maps (SOMS).

Kuper, Adam. & Jessica Kuper. 2004. The Sosial Science Encyclopedia. 3rd Edition. Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN

Sugiharyanto. 2006. Geografi dan Sosiologi 2 SMP Kelas VIII. ISSN : 978.979.746.797.5. Penerbit Yudhistira Quandra

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 26 Ayat 2. Tentang Warga Negara dan Penduduk.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013. Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2008. Tentang Wilayah Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial

Published
2024-01-02