Pemanfaatan Informasi Geospasial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Dan Keterampilan Geografi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi SMA

  • Gregorius Agung Malik
  • Yefri O. M. Kuafeu
Keywords: Informasi Geospasial, Berpikir Spasial, Keterampilan Geografi

Abstract

Teknologi memberi andil dalam peningkatan efisiensi kerja manusia, sudah sepatutnya setiap bentuk aktivitas beradaptasi dan memaksimalkan terobosan dari perubahan teknologi, tidak menutup kemungkinan juga pada proses pembelajaran geografi. Geografi merupakan mata pelajaran yang menekankan pada aspek keruangan serta gejala serta sebaran yang menempati ruang, mempelajari geografi menuntut untuk dapat mengolah informasi berdasarkan kriteria dan ruang yang ditempatinya. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana guru geografi pemanfaatan informasi geospasial untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial (spatial thinking) dan keterampilan geografi (geography skill). Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah studi pustaka dari berbagai sumber literatur yang ada. Hasil kajian penulisan makalah ini adalah (1) perlunya kemampuan guru geografi untuk memanfaatkan informasi geospasial dan mengoperasikan software SIG untuk mengorganisir data dan informasi yang jika ditampilkan secara geografis sebagai media pembelajaran geografi untuk mata pelajaran geografi ; (2) guru geografi diharuskan memanfaatkan informasi geospasial dan mengintegrasikan aspek kemampuan berpikir spasial (spatial thinking) dan aspek keterampilan geografi (geography skill) ke dalam pengajaran pada mata pelajaran geografi, sehingga dapat membangkitkan motivasi siswa untuk belajar mata pelajaran geografi ; (3) dengan adanya pemanfaatan informasi geospasial diharapkan bagi siswa bahwa mata pelajaran geografi menjadi mata pelajaran yang bernilai dan bermakna, serta memilih mata pelajaran geografi sebagai pilihan  hidupnya. Dengan demikian bahwa sudah seharusnya guru geografi memainkan peran dan andil yang besar untuk memanfaatkan informasi geospasial untuk kepentingan pengajaran mata pelajaran geografi demi kemajuan bangsa dan negara.

References

Alada g, Elif (2010). The effects of GIS on students’ academic achievement and motivation in seventh-grade social studies lessons in Turkey. [Online] ISSN: 1038-2046 print / 1747-7611 online C_2010 Taylor & Francis. Tersedia: http://web.ebscohost.com/ehost/pdf viewer/ pdfviewer.

Barnett, N Daun. & Affolter-Caine, B. 2005. Utilizing Geographic Information Systems (GIS) to Influence State Policy: A new descriptive, diagnostic, and analytical tool for higher education research. In annual meeting of the Association for the Study of Higher Education, Philadelphia, PA.

Bartha, Gabor. 2009. Objectives of GIS Teaching in Higher Education: developing experts or training teachers?. Journal Herodotus. iitgabor@uni-miskolc.hu

Bednarz, S.W.2004 Geographic Information Systems: A Tool to Support Geography and Environmental Education? GeoJournal 60: 191–199, 2004. Tersedia: http://users.utu.fi/vijoke/Kirjallisuu sGIS%20tool%20to%20support%20geo graphy.pdf (02 Februari 2018).

Bednarz, S.W.2004. Geographic Information Systems: A Tool to Support Geography and Environmental Education? GeoJournal 60: 191–199, 2004. Tersedia: http://users.utu.fi/vijoke/Kirjallisuu sGIS%20tool%20to%20support%20geo graphy.pdf (02 Februari 2018).

Forer, P and Unwin, D. (1999). Enabling progress in GIS and education. Geographical information systems.

Handoyo, Budi. 2015. Pengaruh Model Saharan Secara Terbimbing Kelompok Investigasi dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Keterampilan Kognitif Geografi Siswa SMA Malang. Disertasi tidak dipublikasikan. PPs UM. Malang.

Kawabata, M., Thapa, R. B., Oguchi, T., & Tsou, M. H. 2010. Multidisciplinary Cooperation in GIS Education: A Case Study of US Colleges and Universities.Journal of Geography in Higher Education.

Kerski, Joseph J. 2000. The Implementation and Effectiveness of Geographic Information Systems Technology and Methods in Secondary Education. University of Colorado.

Lateh, H., & Muniandy, V. 2010. ICT implementation among Malaysian schools: GIS, obstacles and opportunities. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2846-2850. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.426.

Layogah St Dina. 2011. Hubungan Antara Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Minat Peserta Didik Dengan Keterampilan Geografis (Geographic Skills) di SMA Kota Bandung. Jurnal Gea, Vol. 11, No. 2: 150-162.

Lee, Jongwoon And Robert Berdnarz (2009) Effect Of GIS Learning On Spatial Thinking. Journal of Geography in Higher Education, Vol. 33, No. 2, 183–198, tersedia: http://web.ebscohost.com.

Marsh, Meredith, Reginald Golledge, and Sarah E. Battersby (2007). Geospatial Concept Understanding and Recognition in G6–College Students: A Preliminary Argument for Minimal GIS. Annals of the Association of American Geographers, 97(4), 2007, pp. 696–712. Tersedia: http://web.ebscohost.com ehost/pdfviewer/pdfviewer.

National Geography Standards. 2012 Geography For Life. Second Edition.

National Research Council. 2006. Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in the K–12 Curriculum (Washington, DC: National Academies Press).

Singh Soon A/L Bikar Singh, Balan Rathakrishnan, Rosy Talin & Dg. Norizah Ag.Kiflee. 2017. Pengintegrasian Sistem Maklumat Geografi (GIS) Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Geografi: Kajian Kes di Sekolah Bestari Luar Bandar di Sabah. Journal of Sciences and Humanities, Vol. 12, No. 2: 245-258.

Suharjono. 1994. Geografi Dalam Dunia Ilmu dan Pengajaran Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suwito, Yuli Ifana Sari, Tri Wahyudianto, Nila Restu Wardani. 2016. Pemanfaatan Data Geospasial Peta Dalam Proses Pembelajaran Geografi. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Implementasi Pemanfaatan Data Geospasial Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era MEA, Pendidikan Geografi UMP 2016, Banyumas.

Published
2024-01-02