Pengaruh Video Pembelajaran Geografi Berbasis Aplikasi Kinemaster Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Flora Fauna Di Dunia Dan Indonesia Di Smas Katolik Sint Carolus Kupang

  • Jekhson Yunus Laa
  • Bella Theo T. Pamungkas
  • Agustinus Hale Manek
Keywords: Video Pembelajaran, Kinemaster, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan Video Pembelajaran sebagai media dalam proses pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan Kinemaster sebagai aplikasi pembuat video. adanya penelitian bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh setelah menggunakan video dalam proses pembelajaran di SMAS Katolik Sint Carolus Kupang. Penelitian kuantitatif dengan Metode berjenis quasy eksperimental (Nonequivalent Control Grup Design). Yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didi XI IPS. Yang artinya semua populasi dijadikan sebagai sampel atau sampel jenuh. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) adanya pengaruh  yang terlihat pada hasil belajar setelah menggunakan video pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil uji T-Test yaitu nilai Signifikansi-(2-tailed) 0,00 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak maka Ha diterimah (2) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh kelas yang menggunakan video dalam pembelajaran (eksperimen) terlihat dari hasil uji analisis N-Gain yaitu dengan skor 0,62 termasuk pada kriteria sedang dengan presentase 62,8%  termasuk kategori cukup efektif.

References

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam perspektif filsafat ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 37-43.

Amelia, V., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 88-97.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Khasanah, U., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(2), 235-244.

Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh model spasial based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 440-446.

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43-52.

Rahmi, U. (2020). Media Pembelajaran : Video Pembelajaran. diakses dari http://www.youtube.com/watch?v=sqTuSirYGfk

Sudyana, I. N., & Frantius, D. (2016). Efektivitas Modul Konsep Asam Basa Berorientasi Keterampilan Generik Sains. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Toni, Samuel. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbasis KinemasterPada Materi Sistem Koloid Untuk Kelas Xi SMA/MA.Skripsi. Kupang : Universitas Nusa Cendana.

UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Diunduh dari https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/UndangUndang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Wadu, M. R., Samin, M., & Pamungkas, B. T. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi Di Sma Negeri 5 Kupang. Jurnal Geografi, 18(1), 108-

Published
2024-01-02