Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Berbasis Game Edukasi Dengan Aplikasi Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Di Sma Negeri 5 Kupang

  • Lorensia Djara
  • Bella Theo T. Pamungkas
  • Agustinus Hale Manek
Keywords: Group Investigation, Game Educandy, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran group investigation dalam proses pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan educandy sebagai aplikasi pembuat game. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis game edukasi terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain penelitian yaitu nonequvalent control grup design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh menggunakan model group investigation berbasis game edukasi terhadap hasil belajar siswa yang di buktikan dari hasil uji independen sample T-Test menggunakan SPSS yaitu di peroleh Sig.(2-tailed) 0,00<0,05 dengan demikian Ho ditolak maka Ha diterima (2) rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model group investigation berbasis game edukasi (85,57) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode ceramah atau konvensional (82,66).

References

Andora, Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA ‘AISYIYAH 1

PALEMBANG (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).Astuti, Y. T., & Haryono, A. (2017). Implementasi Metode Brainstorming dalam Model Group Investigation pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 109–117.

Aksa, dkk.(2019). Geografi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia. 33 (1) : 43-47 Bentriska, H. K., & Suprijono, A. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA SMAN 3 SIDOARJO.

Ferdianti, S., & Anwar, A. S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Educandy Berbasis Games Edukasi pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN Cipicung. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 17-22.

Kholfadina, K. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).

Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(3), 28-32.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479-1491.

Putri, A. M. K., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4206-4211.

Novitasari, D. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Web Educandy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Supriyati. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171– 187.

Utomo, E. P. (2021). Implementasi Traveller Game Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(2), 153-159.

Wahid, Abdul. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Skripsi. Pinrang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan DDI Pinrang

Published
2024-01-02