Peranan Perpustakaan Digital Berbasis Aplikasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Katolik St. Fransiskus Xaverius Ruteng

  • Maria Claveria Poseng
Keywords: Perpustakaan Digital, Minat Baca, Pembelajaran Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu informasi tentang apakah penggunaan perpustakaan digital ini mampu meningkatkan minat baca peserta didik terutama pada mata pelajaran geografi di SMA Katolik St. fransiskus Xaverius Ruteng. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang termasuk dalam kategori kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari satu populasi serta menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah SMA Katolik St. Fransiskus Xaverius Ruteng.  Penganalisisan data didasarkann pada perhitungan persentase dari hasil pengisian instrumen kuesioner oleh responden. Responden dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII IPS .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan perpustakaan digital ini mampu meningkatkan minat baca peserta didik dan berada pada kriteria baik. Dari hasil rekapitulasi kuisioner semua aspek yang ada pada rekapitulasi tabel menyatakan bahwa minat baca peserta didik pada mata pelajaran geografi meningkat dengan adanya perpustakaan digital dan pada kriteria baik.

References

Andika Y. P., Kurnia Muludi. 2021. Aplikasi Perpustakaan Digital pada Perpustakaan Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung Berbasis Android. Jurnal Pepadun. 2 (11). 101-106

Aprilia K. S., Atiqa S. 2021. Meningkatkan Minat Baca, PEMKAB Klaten Berikan Perpustakaan Digital Berbasis Aplikasi. Bibliotika. 5 (2). 1 – 9.

Dina R. Diyan. P., Emil. Y. 2020. Peran Perpustakaan Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Libraria Jurnal Perpustakaan. 8 (1). 1 – 30.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional.Penerbit Ar-Ruzz Media. Yogyakarta. 400 hlm.

Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. 2015. Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Pada Pelajaran Bahasa Arab. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 170 – 182.

Nafisah, Aliyatin. 2017. Arti penting Perpustakaan bagi Upaya Meningkatkan Minat Baca masyarakat. Libraria Jurnal Perpustakaan. 2 (2). 271 – 285.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Motode R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung. 389 hlm.

Sumarni. 2018. Perpustakaan Digital. 10 (2). 1119-132. .

Yuyun Widayanti. 2015. Pengelolahan Perpustakaan Digital. LIBRARIA Jurnal Perpustakaan 3 (1).

Pengertian Membaca : Arti, tujuan, manfaat dan komponen membaca

https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-membaca/. Diakses tgl 02 Februari 2022, pukul 10.45 WITA

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html#:~:text=20%20Tahun%202003-,Menurut%20Undang%2DUndang%20(UU)%20Nomor%2020%20Tahun%202003%20Tentang,pendidikan%20menengah%2C%20dan%20pendidikan%20tinggi. Diakses tanggal 12 Maret 2022, pukul: 10.15 WITA

Published
2024-01-02