Peningkatan Pemahaman dan Wawasan Kebencanaan Siswa SMA Kelas XI SMAN 4 Probolinggo Melalui Field Trip ke BPBD Kota Probolinggo

  • Suci Romadani
  • Mentari Dian Pertiwi
Keywords: Field Trip, BPBD, Mitigasi Bencana

Abstract

Pemahaman materi mitigasi dan adaptasi bencana secara menyeluruh dan maksimal dapat berjalan efektif dengan menggunakan metode field trip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan field trip ke BPBD dalam meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Probolinggo. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan observasional. Ada 3 aspek yang digunakan pada angket respon, yaitu aspek kognitif (peningkatan pemahaman materi mitigasi dan adaptasi kebencanaan), aspek afektif (motivasi, ketertarikan, dan rasa ingin tahu) dan aspek psikomotorik (kecenderungan menambah skill setelah melakukan field trip). Hasil yang diperoleh untuk semua aspek mengalami peningkatan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah field trip ke BPBD Kota Probolinggo oleh siswa kelas XI SMAN 4 Probolinggo dapat menambah pemahaman dan wawasan tentang kebencanaan terutama pada materi geografi mitigasi dan adaptasi kebencanaan

References

Anindito Aditomo. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022

Behrendt, Marc & Teresa Franklin. (2014). A Review of Reasearch on School Field Trips and Their Value in Education, Januari 2014, Doi: 10.12973/ijese.2014.213a

Dradjat Suhardjo. (2011). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Resiko Bencana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Cakrawala Pendidikan, Juni 2011, Th. XXX, No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4226

Ika Ratih Puruhita. (2020). Pembelajaran Role PlayingBerbasis Video dan Lagu pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam. Jurnal Profesi Keguruan vol 6, no.1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/23258

Lawalata, Febe Patricia, Khusnul Khotimah, Miftahul Jannah, Salsa Rahmadania Safitri, Tiara Nuraeni, Arita Marini. (2023). Pembelajaran IPS SD Melalui Metode Field Trip Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Lingkungan Sosial dan Budaya. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, Vol.2, No. 12, 2023, dapat diakses melalui View of PEMBELAJARAN IPS SD MELALUI METODE FIELD TRIP GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA (bajangjournal.com)

Ningrum, M., & Saputra Y. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana. Jurnal Pendidikan Geografi. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i2.374

Rosdiana Zainuddin. (2020). Respon Siswa MAN Paser terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran geografi. Jurnal Geografi Pangea Vol 2 No. 1. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pangea/article/view/2020

Zellatifanny, C., & Mudjiyanto, B (2018) Tipe Penelitan Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakon Vol. 1 No. 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Website resmi BPBD Kota Probolinggo. https://bpbd.probolinggokota.go.id/

Published
2024-01-02