Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Aplikasi Qizwhizzer Berbentuk Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 7 Kupang

  • Selfius Toni Ishak Semo
  • Bella Theo T. Pamungkas
  • Arfita Rahmawati
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Quizwhizzer berbentuk game edukasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan aplikasi quizwhizzer pada mata pelajaran IPS kelas IX SMPN 7 Kupang. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dengan aplikasi quizwhizzer pada mata pelajaran IPS kelas IX SMPN 7 Kupang. (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran barbasis android dengan aplikasi quizwhizzer mapa mata pelajaran IPS kelas IX SMPN 7 Kupang. Media pembelajaran yang kreatif dan aktif adalah aplikasi qiuzwhizzer dengan metode penelitian pengembangan (Research and Develompent). Model ADDIE (Analisys, Desaign, Develompment, Implementation, and Evaluation). Tingkat kelayakan dari media dengan menggunakan quizwhizzer ini dilihat dari penilaian dua validator yaitu ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penilaian dari dua validator diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat baik atau valid, Artinya bawah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizwhizzer ini layak/valid digunakan dalam pembelajarn serta tanggapan respon siswa diperoleh skor nilai rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Arsyad, 2016 tentang pengembangan media pembelajaran berupa game edukasi.(kutipan pada latar belakang)

Cholik,2017 dan Nurkholis,2013, Mnjelaskan tentang pendidikan secara umum.

Faijah N., Nuryadi, N., & Marheini, N.H. (2022) Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. PHI Jurnal Pendidikan Matematiaka, 6(1), 3959-3966.

Huriay Rachmah,2014.Menjelaskan tentang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Meileni,2021. Menjelaskan tentang aplikasi quizwhizzer.

Novaliendry, D. (2013) Aplikasi permainan geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2) 106-118.

Nurhayati dan Febriyanti, 2018. Menjelaskan tentang game edukasi

Ramli et al,2018. MENJELASKAN TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN.

Susanto, D. A., Ismaya, E. A., Author, C., Magister, P. S., Universitas, P. D., Kudus, M., Artikel, H., Quizwhizzer, A., & Dasar, S. (2022). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko Pendahuluan Metode. 5, 104–110.

Tafonao, 2017 dalam Nurita,2018. Menjelaskan tentang media pembelajaran.

Ulfaeni,2017dalam, Suriyawan & Permana, 2020, Menjelaskan tentang upayah peningkatan pemehaman konsep siswa.

Published
2024-01-02