Pengaruh Waktu Aplikasi Pupuk Kandang Ayam dan Dosis Pupuk Organik Cair Biomassa Daun Gamal Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabai Rawit (Capsicum frustescens L.)

  • Jeni Adriana Ninos Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Nusa Cendana
  • I Gusti Bagus Adwita Arsa Program Studi Agroteknologi Universitas Nusa Cendana
  • Yosefina R. Y. Gandut Program Studi Agroteknologi Universitas Nusa Cendana
Keywords: Biomassa Daun Gamal, Cabai Rawit, Dosis, Pupuk Kandang Ayam, Pupuk Organik Cair

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di UPT Lahan Kering Undana dari bulan juli sampai september 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang ayam dan dosis pupuk organic cair (POC) daun gamal terhadap peningkatan hasil tanaman cabai rawit dan menentukan kombinasi perlakuan terbaik dalam meningkatkan komponen hasil dan hasil cabai rawit.
Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk percobaan non-faktorial dua faktor dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah waktu pemberian pupuk kandang kotoran ayam yang terdiri atas 4 taraf, yaitu: Pemberian pupuk kandang ayam 1 minggu sebelum tanam (MBT), Pemberian pupuk kandang ayam 2 MBT, Pemberian pupuk kandang ayam 3 MBT, dan Pemberian pupuk kandang ayam 4 MBT. Faktor kedua adalah dosis POC yang terdiri atas 3 taraf, yaitu: tanpa POC, dosis POC daun gamal 150 ml/tanaman, dan dosis POC daun gamal 300 ml/ tanaman. Variabel pengamatan terdiri atas data pertumbuhan vegetative, komponen hasil dan hasil per tanaman. Data dianalisis dengan analisis ragam dilanjutkan dengan uji DMRT 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian pupuk kandang kotoran ayam 4 MBT dan dosis POC daun gamal 300 ml/ tanaman merupakan kombinasi perlakuan terbaik terhadap pertambahan tinggi tanaman, pertambahan jumlah daun, dan jumlah buah per tanaman. Pemberian pupuk kandang kotoran ayam 4 MBT dan dosis POC daun gamal 300 ml/ tanaman juga menentukan bobot segar buah per tanaman tertinggi.

Published
2024-01-03