Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa SMA/MA

  • Triforsa Feni Sirik, Lolita A.M. Parera, Jasman
Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Software Wondershare Filmora, Larutan Penyangga.

Abstract

Penelitian ini berjudul pengembangan video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora pada materi larutan penyangga untuk siswa SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran pada materi pokok larutan penyangga dengan bantuan software wondershare filmora dan untuk mengetahui kelayakannya. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti alur model rancangan Dick and Carey dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 4 tahap, yaitu: (1)menentukan materi yang akan dikembangkan, (2)melaksanakan desain dan pengembangan, (3)memproduksi software (Wondershare Filmora) atau mengemas video pembelajaran, dan (4)melakukan evaluasi formatif dan merevisi produk pengembangan. Evaluasi formatif dan revisi produk terdiri dari tiga langkah yaitu uji ahli, uji peer reviewer, dan uji respon siswa. Uji ahli dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Uji peer reviewer dinilai oleh guru kimia SMA, sedangkan uji respon siswa dinilai oleh mahasiswa program studi pendidikan kimia Undana semester dua yang dikelompokan menjadi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan 95,2% untuk segi materi dan 94,44% untuk segi media. Hasil penilaian uji peer reviewer ialah 92,335%% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian uji respon siswa termasuk kategori sangat baik dengan presentase masing-masing 97,8% untuk uji coba kelompok kecil dan 98% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli, uji peer reviewer dan uji respon siswa pada video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora pada materi larutan penyangga ini layak digunakan.

Published
2023-12-12