Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio 8 pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit bagi Siswa SMA/MA

  • Rosalia Setia, Lolita A. M. Parera, Dewi Lestarani
Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Microsoft Powerpoint, Camtasia Studio 8

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul pengembangan video pembelajaran berbasis Camtasia Studio 8 pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit bagi siswa SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis Camtasia Studio 8 bagi siswa SMA/MA dan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis Camtasia Studio 8 pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit bagi siswa SMA/MA. Video pembelajaran berbasis Camtasia Studio 8 dibuat menggunakan aplikasi Camtasia Studio 8 dan Microsoft PowerPoint. Penelitian pengembangan video pembelajaran berbasis Camtasia Studio 8 ini mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Borg & Gall. Adaptasi dan modifikasi yang dilakukan adalah menyederhanakan 10 tahap pengembangan Borg & Gall menjadi 4 tahapan yang telah mencakup semua tahapan dalam pengembangan Borg & Gall yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan, (3) uji lapangan, (4) diseminasi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba produk yaitu uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 peserta didik dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini dikategorikan sangat baik dengan persentase keidealan secara keseluruhan 91,57% untuk ahli materi dan 89,80% untuk ahli media serta 97,22% untuk uji kelompok kecil pada siswa dengan kategori sangat baik dan 96,87% untuk uji kelompok besar pada siswa dengan kategori sangat baik.

Published
2023-12-12