ANALISIS NILAI TAMBAH PADA PENJUALAN KELAPA MUDA DI KOTA KUPANG

Authors

  • Sarah Miranda Haba
  • Lika Bernadina
  • Siska Elvani
  • Johanna Suek

Keywords:

Kelapa Muda, Nilai Tambah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar nilai tambah dari penjualan kelapa muda di Kota Kupang. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kupang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juni 2024 Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tambah metode Hayami. Temuan penelitian menunjukkan perhitungan nilai tambah kelapa muda mendapatkan nilai tambah sebesar Rp. 2.709,- perbuah dengan persentase nilai tambah 46,70%. Berdasarkan kriteria nilai tambah, usaha kelapa muda ini masuk pada kriteria NT > 0. Berarti usaha kelapa muda di Kota Kupang memperoleh nilai tambah positif dengan nilai tambah kelapa muda sebesar Rp. 2.708,-/buah.

Downloads

Published

2024-12-07