Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri

Authors

  • Sirry Alvina Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh
  • Mellyzar Mellyzar Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh
  • Siti Asnina Julianti Br. Hutagaol rogram Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh

Keywords:

module, Problem Based Learning (PBL), basic law of chemistry and stoichiometry

Abstract

Penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan di SMAN 2 Lhokseumawe ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk modul berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kriteria valid dengan respon yang baik dalam pembelajaran pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri. Proses pengembangannya menggunakan model 4-D.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada tim validator, guru dan peserta didik. Kevalidan modul kimia terdiri dari kevalidan media dan materi masing-masing sebesar 95,83% dan 89,30% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil angket respon 5 orang guru mata pelajaran kimia dan 60 siswa masing-masing sebesar sebesar 92,50% dan 83,35% dengan kategori sangat baik. Data diatas dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan modul berbasis PBL dapat dinyatakan valid, dan responnya baik.

Downloads

Published

2021-11-18