Penggunaan Teknologi sebagai Inovasi Media pada Pembelajaran Fisika di Era Persaingan Industri untuk Mendukung Kampus Mengajar
Keywords:
industry 4.0, physics learning, media innovationAbstract
Pesatnya kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan semakin kompleksnya tantangan masa depan menandai era baru yang disebut dengan era revolusi industri 4.0. Pada era ini, teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan salah satunya dalam bidang sains. topik ini diangkat dengan maksud untuk mengetahui apakah penggunaan tekonologi sebagai inovasi media dalam pembelajaran dapat mendukung konsep merdeka belajar- kampus merdeka yaitu kampus mengajar di era revolusi industri 4.0 yang akan dihadapi oleh mahasiswa, serta alasan mengapa mahasiswa harus menggunakan teknologi sebagai media belajar pada pembelajaran fisika dengan mengaitkan konsep kampus merdeka. Penelitian ini termasuk non riset karena berupa penelitian studi pustaka
yang terdiri dari persiapan, pengumpulan informasi, dan pengolahan informasi yang diperoleh dari buku, jurnal , internet serta sumber informasi lainnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu, penggunaan teknologi sebagai inovasi media dalam pembelajaran fisika merupakan salah satu pilihan yang tepat di era persaingan industri untuk mendukung program kampus mengajar, dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu manfaat yang diperoleh. Dalam menghadapi era persaingan industri, keterampilan teknis yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa adalah keterampilan penerapan dan penggunaan teknologi; keterampilan memahami proses digitalisasi; keterampilan merancang; keterampilan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); serta keterampilan analisis dan pemrosesan data.