Minat, Motivasi, serta Kesulitan Siswa Kelas X IPA dalam Pembelajaran Daring atau Luring pada Sistem Periodik Unsur
Keywords:
interests, motivations, difficulties, online, offline.Abstract
Negara Indonesia yang terimbas dengan dampak dari COVID-19, khususnya bidang pendidikan dengan merubah pembelajaran tatap muka menjadi daring. Pada kenyataannya, permasalahan dalam pembelajaran daring/luring sangat banyak diantaranya guru kesulitan siswa dalam pembelajaran daring, kurang lengkapnya fasilitas siswa, dan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran daring/luring, listrik yang padam dan ketidaknyaman belajar dari rumah, timbulnya ketidakdisplinan siswa dalam mengerjakan PR dan memulai pembelajaran daring, gangguan sinyal. Tujuan penelitian ini adalah minat, motivasi serta kesulitan siswa kelas X IPA dalam pembelajaran daring atau luring pada sistem periodik unsur. Metode penelitian ini adalah bersifat deskriptif, dimana instrument yang digunakan adalah angket sebanyak 10 item. Berdasarkan hasil penelitian sebagian siswa kelas X IPA SMA Katholik Mariana tidak memiliki minat dan motivasi dalam belajar kimia khususnya sistem periodik unsur. Salah satu penyebab siswa kurang memiliki minat belajar kimia adalah
siswa tersebut belajar kimia sejak kelas X IPA SMA, sementara ketika siswa tersebut tidak pernah belajar kimia yang terpadu pada IPA sewaktu di SMP. Siswa mengalami kesulitan mengalami dalam mengingat dan menguasai konsep perkembangan periodik unsur melalui pembelajaran luring maupun daring. Kesulitan siswa pada pelaksanaan pembelajaran daring/luring, jika luring dilakukan ada siswa tidak memiliki ongkos untuk kesekolah dan jika daring tidak memiliki kuota. Perberlakuan belajar daring/luring menyebabkan sebagian siswa tidak disiplin mengikuti pembelajaran.