STUDI KOMPARASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA PADA PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA NEGERI 6 KOTA KUPANG

Authors

  • Miranda V. Lassa, Lolita A. M. Parera, Johnson N. Naat, Sudirman

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Titrasi Asam Basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas daring dan luring, 2) perbedaan hasil belajar siswa antara kelas daring dan luring. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kupang berjumlah 175 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 1% dan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas daring dan luring. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada motivasi siswa sebesar 3,588 dan nilai ttabel dengan df 66 pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,652. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,01 (p= 0,001 < 0,01). Karena thitung > ttabel (3,588 > 2,652) sehingga hipotesis diterima; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas daring dan luring. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada tes sebesar 6,928 dengan df 66 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,997. Nilai thitung > ttabel dan nilai p lebih besar dari 0,05 (p= 0,357 > 0,05). Karena thitung > ttabel (6,928 > 1,997) namun nilai p lebih besar dari 0,05 (p= 0,357 > 0,05) sehingga hipotesis ditolak.

Downloads

Published

2022-11-30