PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI DALAM ILMU KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA
Keywords:
Articulate Storyline 3, E-Modul, Perubahan Energi dalam Ilmu KimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui wujud hasil e-meodul pembelajaran berbasis articulate
storyline 3 pada materi perubahan energi dalam ilmu kimia. (2) untuk mengetahui kelayakan e-
modul pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada materi perubahan energi dalam ilmu kimia.
(3) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan e-modul pembelajaran berbasis
articulate storyline 3 pada materi perubahan energi dalam ilmu kimia. Model pengembangan yang
digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Produk e-modul berbasis articulate
storyline 3 yang telah dikembangkan yakni bebrbentuk website dan Chrome HTML yang diberi
nama “tes tes TA”, divalidasi oleh 3 orang ahli materi dan 3 orang ahli media. Selanjutnya produk
diujucobakan pada 3 orang peserta didik pada uji perorangan, 9 orang peserta didik pada uji
kelompok kecil dan 30 orang peserta didik pada uji kelompok besar. Hasil penelitian ahli materi dan
media terhadap tingkat kevalidan e-modul pembelajaran ini memiliki kategori sangat valid dengan
presentase kevalidan berturut-turut sebesar 87,96% dan 93,33%. Sedangkan respon peserta didik
terhadap e-modul berbasis articulate storyline 3 yang dikembangkan memperoleh nilai presentase
sebesar 100% pada peserta didik perorangan, 98,41% pada peserta didik kelompok kecil dan
91,43%. Dengan demikian e-modul pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada materi
perubahan energi dalam ilmu kimia layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia.