PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ESD BERBASIS MOODLE DENGAN MATERI ENERGI TERBARUKAN: PENDEKATAN BLENDED LEARNING DI ERA DIGITAL UNTUK SISWA SMA
Keywords:
ESD, Tekonologi, Media pembelajaran, MoodleAbstract
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, terutama
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi penting adalah Pendidikan
untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD), yang berfokus pada energi terbarukan seperti energi
matahari, angin, dan biomassa, sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim.
Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti Moodle, menjadi solusi efektif
untuk mengintegrasikan konsep pembangunan berkelanjutan ke dalam pendidikan. Penelitian
ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Moodle untuk mendukung ESD dengan
fokus pada energi terbarukan di tingkat SMA. Menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE, hasil validasi menunjukkan media pembelajaran
ini sangat layak, dengan kelayakan materi mencapai 85% dan desain serta fungsionalitas
masing-masing 77% dan 80%. Temuan ini menegaskan bahwa media ini berpotensi
meningkatkan pemahaman siswa tentang energi terbarukan dan mendukung tujuan ESD secara
efektif.