PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
motivasi, hasil belajar, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui
penerapan model project based learning pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 2 di
SMAN 1 Waru Sidoarjo sebanyak 35 peserta didik. Motivasi belajar peserta didik siklus 1
memiliki persentase pada kategori cukup, baik, dan sangat baik berturut-turut sebesar: 8,57%;
88,57%; dan 2,86% lalu meningkat pada siklus II dengan persentase pada kategori baik dan
sangat baik berturut-turut sebesar: 42,86% dan 57,14%. Hasil belajar pserta didik siklus I
memiliki persentase ketuntasan sebesar 77,14% dan meningkat pada siklus II dengan
persentase ketuntasan sebesar 91,43%. Demikian disimpulkan bahwa melalui penerapan model
project based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.