SISTEMATIK REVIEW : KUALITAS BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Maria Yuliana Panie, Klaudia E. N. Bambut, Daud Dakabesi, Dorthea Maria Woga Nay

Keywords:

Artikel Review, Blended Learning, Pembelajaran Kimia, Efektivitas

Abstract

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka
(offline) dengan pembelajaran daring. Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk mengkaji tahapan atau
desain dalam blended learning dan efektivitasnya dalam proses pembelajaran kimia. Metode yang
digunakan dalam tinjauan sistematis ini adalah metode PRISMA dengan melakukan penyaringan
artikel dalam database Google Schoolar dan ACS Publications tahun 2016-2021 sehingga terdapat
15 artikel yang dipertahankan dalam tinjauan sistematis ini. Hasil tinjauan sistematis menunjukkan
bahwa model blended learning telah banyak diterapkan dalam pembelajaran dengan berbagai desain
dan menunjukkan bahwa model blended learning ini efektif digunakan dalam pembelajaran kimia.

Downloads

Published

2024-12-11