PENGARUH PENERAPAN GAME QUIZ RACE MENGGUNAKAN MEDIA QUISWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 2 KUPANG

Authors

  • Deliana Sulasti Mun Nusa Cendana University

Keywords:

Game Quiz Race, Media QuizWhizzer, Hasil Belajar, Laju Reaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Game Quiz race menggunakan media QuisWhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI yang mempelajari kimia di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (69,58) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (56,94). Selain itu, uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh penerapan game Quiz Race menggunakan media QuizWhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Negeri 2 Kupang, dengan nilai signifikan<0,05.

Author Biography

Deliana Sulasti Mun, Nusa Cendana University

Chemistry Education

Downloads

Published

2025-07-24