PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI 2 KUPANG
Keywords:
Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Struktur Atom, Ular Tangga, QuizwhizzerAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media permainana ular tangga menggunakan Quizwhizzer terhadap hasil belajar motivasi belajar siswa. Serta hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang telah menggunakan media permainan ular tangga menggunakan Quizwhizzer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eskperimen. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, dan dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (X5) dan kelas kontrol (X4). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data diperoleh dianalisis menggunakan uji mann-whitney, independent sample T-test, dan korelasi Spearman rho menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan uji mann-whitney menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87,64 dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,14. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi yakni 50,58, sedangkan rata-rata kelas kontrol yaitu 45,75. Hasil uji Spearman rho menunjukkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan penerapan media permainan ular tangga menggunakan Quizwhizzer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang telah menggunakan media permainan ular tangga menggunakan Quizwhizzer dikelas eksperimen pada materi struktur atom di SMA N 2 Kupang.