PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER BERBASIS GAME RACE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X DI SMA NEGERI 2 KUPANG
Keywords:
Game Race, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Sistem Periodik Unsur, QuizwhizzerAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race pada hasil belajar, motivasi belajar, serta korelasi antara motivasi dan hasil belajar terhadap materi sistem periodik unsur di SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menerapkan metode Quasi Experiment secara kuantitatif. Desain penelitian yang diterapkan yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan teknik pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling. Media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race digunakan sebagai perlakuan khusus dalam kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang dirancang untuk menilai pencapaian hasil belajar serta motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,005 terhadap hasil belajar dan 0,000 untuk motivasi belajar di mana keduanya <0,05. Hasil ini mengindikasikan terdapatnya perbedaan signifikan terhadap hasil belajar serta motivasi belajar yang menerima pembelajaran dengan menerapkan media Quizwhizzer berbasis Game Race di kelas eksperimen dan Google Formulir di kelas kontrol. Analisis lanjutan memperlihatkan adanya korelasi motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan uji korelasi Pearson Product Moment hasil nilai sig 0,001<0,05. Maka dari itu disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 2 Kupang.