ANALISIS HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Authors

  • Lolita A. M. Parera Universitas Nusa Cendana

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa SMA. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 112 peserta didik dan jumlah sampelnya sebanyak 53 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket aktivitas belajar kimia dan pencatatan data. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistika yaitu, penentuan persamaan regresi, uji signifikansi persamaan regresi, uji linearitas garis regresi dan uji signifikansi korelasi. Berdasarkan analisa korelasi menggunakan SPSS16 For Windows diperoleh nilai sig. 0,00 <
taraf signifikan 0,05 dan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 33,032 + 0,660X yang artinya ada hubungan positif yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia dengan nilai korelasi sebesar 0,651. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa bahwa aktivitas belajar mempengaruhi hasil belajar kimia siswa SMA.

Kata Kunci: Uji korelasi, aktivitas belajar, Hasil belajar

ABSTRACT
The purpose of this study was to see the relationship between learning activities and chemistry learning outcomes of high school students. This research is classified as a descriptive correlational research. The study population was 112 students and the sample size was 53 students. The sampling technique used random sampling technique. The instrument in this study was a questionnaire or questionnaire for chemistry learning activities and data recording. The research data were analyzed using statistical techniques, namely, simple regression test, regression equation significance test, regression line linearity test and significance test. Based on the analysis using SPSS16 For Windows, the sig value is obtained. 0.00 <significant level 0.05 and regression analysis of the regression equation Y = 33.032 + 0.66X, which means that there is a significant positive relationship between learning activities and chemistry learning outcomes with a value of 0.651. From the research results drawn from the conclusion that learning activities affect the learning outcomes of high school students chemistry.

Keywords: Correlation testing, learning activities, learning outcome

Downloads

Published

2020-10-10