STANDARISASI PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan penuntun praktikum Interaktif Berbasis Multimedia (IBM) untuk siswa sekolah menengah kelas sebelas semester kedua untuk topik kimia larutan. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia yang ada di sekolah, seluruh guru kimia SMA di Sumatera Utara, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Medan. Sampel diambil dengan cara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Prosedur penelitian ini adalah: (a) Analisis penuntun praktikum yang digunakan pada siswa kelas XI semester kedua; (b) Pengembangan penuntun praktikum IBM untuk topik kimia larutan di sekolah menengah; (c) Validasi penuntun praktikum IBM oleh guru dan dosen; dan (d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum IBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum IBM yang dikembangkan untuk siswa kelas XI semester II pada topik kimia larutan telah layak atau standar sesuai dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Penuntun praktikum IBM untuk materi kimia larutan terdiri dari percobaan indikator asam-basa, percobaan indikator alami, percobaan titrasi asam-basa, percobaan hidrolisis garam, dan percobaan larutan penyangga. Standarisasi penuntun praktikum IBM menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum IBM dengan nilai rata-rata standarisasi 4,40 lebih tinggi dari nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum yang ada di sekolah (Penuntun Praktikum A = 3,81 dan penuntun praktikum B = 3,75). Uji coba menunjukkan bahwa penuntun praktikum IBM dapat diterapkan dalam pembelajaran praktikum.
Kata Kunci: Penuntun Praktikum, Interaktif, Multimedia, Analisis, Pengembangan
ABSTRACT
The objective of this research was to obtain an Interactive Based Multimedia (IBM) practical guide standard for high school students of eleventh grade in the second semester for chemical solution topic. The population in this research is the chemical practical guide of outstanding at the school, all of chemistry teacher at senior high school in North Sumatera, all of chemistry lecturer at the State University of Medan and all of eleventh grade students of SMAN 5 Medan. Samples were taken by purposive sampling. This research was conducted by using descriptive. The procedure of this research were: (a) Analysis of practical guides that are used at eleventh grade students in second semester; (b) Development of an IBM practical guide for chemical solution topic in high school; (c) Validation of IBM practical guide by teachers and lecturers; and (d) Trial use IBM practical guide. The results show that the IBM practical guide that have been developed for eleventh grade students in the second semester for chemical solution topic has a decent or standards in accordance with BSNP (National Education Standards). IBM practical guide for chemical solution consists of acid-base indicator experiment, a natural indicator experiment, acidbase titration experiment, hydrolysis of salt experiment, and a buffer solution experiment. Standardization of IBM practical guide showed that respondents gave a positive response to the IBM practical guide with the average value of standardization 4,40 higher than the average value of standardization of practical guide in school (practical guide A = 3,81 and practical guide B = 3,75). The trial showed that the IBM practical guide can be done in practical learning.
Keywords: Practical Guide, Interactive, Multimedia, Analysis, Development, Chemical Solution