Analysis of Mathematical Literacy Based on Mathematical Resilience of Fifth Grade Elementary School Students

Authors

  • Fembriani Universitas Nusa Cendana
  • Sunardi Universitas Sebelas Maret
  • Gunarhadi Universitas Sebelas Maret
  • Murni Ramli Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan literasi peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika didasarkan pada tingkat resiliensi matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sekolah dasar di tahun ajaran 2020/2021 sebayak 3 orang. Metode tes, angket, serta wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan datanya. Pengolahan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan miles and hurbermen (mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan tingkat resiliensi matematis yang berbeda memiliki kemampuan literasi matematika yang berbeda. Peserta didik dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan literasi matematika yaitu aspek formulate, employ dan interprate. Peserta didik dengan resiliensi sedang memiliki kemampuan literasi matematika yaitu aspek formulate atau merumuskan masalah sedangkan peserta didik resiliensi matematis rendah tidak memiliki ketiga kemampuan
literasi matematika

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles