PENERAPAN-MODEL-PEMBELAJARAN-CONTEXTUAL-TEACHING-AND LEARNING (CTL) UNTUK-MENINGKATKAN-HASIL-BELAJAR-PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA-KELAS-V SD INPRES HOLOTULA

Authors

  • Adam Bol Nifu Benu Universitas Nusa Cendana
  • Martha K. Kota Universitas Nusa Cendana
  • Wahyu Devid Mboeik Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Peran orang tua, kedisiplinan belajar, siswa SD

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/tes, refleksi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) Pada Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Inpres Holotula dengan bantuan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VA yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 57,14 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48. Selisih kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 33,34. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana >80 % siswa mendapatkan nilai >70. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) dengan bantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas V. A SD Inpres Holotula.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles