PENGARUH PERAN ORANGTUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI NUNBAUN DELHA
Keywords:
Peran orang tua, kedisiplinan belajar, siswa SDAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Nunbaun Delha yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling Sehingga diperoleh sampel 23 orang. Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas,
uji homogenitas dan uji multilinearitas dan (2) uji hipotesis penelitian yang meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) ada pengaruh yang signifikan antar peran Orang tua terhadap hasil belajar dengan hasil statistik uji t untuk variabel Orang tua diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,113 dan nilai t-tabel 2,07 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,276 jadi hipotesis diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji statistik uji t variabel kedisiplinan siswa diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,593 dan t-tabel 207 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,306 maka hipotesis diterima dan (3) ada pengaruh yang signifikan antar peran Orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan hasil nilai F hitung sebesar 7,348 dengan signifikansi sebesar 0,003. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,004<0,05). Sehingga hipotesis dinyatakan diterima.