UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST PADA SISWA KELAS V SDK DON BOSKO 4 KUPANG

Authors

  • Yelista Febrina Moa Universitas Nusa Cendana
  • Gaspar Melo Universitas Nusa Cendana
  • Sarah Nurhabibah Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Metode PQRST,Literasi, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan metode PQRST bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan literasi pemahaman membaca siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 21 peserta didik, yaitu 10 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Pada penelitian ini memperoleh hasil pada siklus I sebanyak 21 siswa yang tuntas 7 siswa (33,33%). Siklus II sebanyak 20 siswa (95,24%) tuntas dan telah melampaui kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu 80%. Namun masih terdapat 1 siswa yang belum tuntas karena belum mampu mencapai aspek literasi membaca pemahaman sehingga perlu adanya solusi dari guru untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan melakukan pendekatan kepada siswa dan orang tua. Dari hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa upaya guru dengan menerapkan metode PQRST dapat meningkatkan literasi pemahaman membaca siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles