PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR CERITA SEDERHANA DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG BENAR PADA SISWA KELAS IIB SD INPRES PERUMNAS 1 KUPANG

Authors

  • Ekarista Indriani Wahyuni Bensi Universitas Nusa Cendana
  • Karus Maria Margareta Universitas Nusa Cendana
  • Sarah Nurhabibah Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Membaca Lancar, Lafalan dan Intonasi

Abstract

Penelitian berjudul Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Cerita Sederhana Dengan Lafal Dan Intonasi Yang Benar Pada Siswa Kelas IIB SD Inpres Perumnas 1 Kupang ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar siswa kelas IIB SD Inpres Perumnas 1 Kupang yang mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca lancar cerita sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan subjek 19 orang yakni 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pada siklus I hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 10 orang siswa tuntas, hasil observasi siswa sebesar 65 dengan kategori masih kurang, hasil observasi guru sebesar 65,38 dengan kategori masih kurang dan tes hasil membaca lancar sebesar 69,21 dengan persentase ketuntasan 52,63% dengan kategori masih kurang. Pada siklus II sebanyak 17 orang siswa tuntas, hasil observasi siswa sebesar 87,5, hasil observasi guru sebesar 88,46 dan tes hasil membaca lancar sebesar 82,84 dengan persentase ketuntasan 89,47% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar cerita sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar pada siswa.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles