PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD INPRES KAYU PUTIH KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Cylian J.S Mbau Universitas Nusa Cendana
  • Silvester P. Taneo Universitas Nusa Cendana
  • Sarah Nurhabibah Universitas Nusa Cendana

Abstract

Penelitian kualitatif dengan judul Peran Guru Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang. Subjek penelitiannya yaitu guru kelas IV A dan guru kelas IV B. Teknik yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan interaksi sosial siswa kelas IV guru berperan penting yaitu guru sebagai pendidik dan pengajar, sebagai mediator, sebagai model dan teladan, sebagai motivator, sebagai evaluator, sebagai demonstrator dan sebagai komunikator. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru sudah berperan cukup maksimal melalui pengajaran dan didikan serta contoh nyata yang ditunjukkan dapat menjadi panutan bagi siswa sehingga interaksi sosial siswa dapat berkembang dengan baik dalam hal kemampuan bekerja sama, menghargai orang lain, kemampuan bersosialisasi dan kemampuan berkomunikasi.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles