ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD INPRES MAULAFA
Keywords:
Kesulitan, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini dengan judul “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Maulafa” dengan tujuan penelitian untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan siswa Kelas I SD Inpres Maulafa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan instrumen lembar tes dan lembar penilaian tes. Subjek yang diteliti yaitu 16 siswa. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu dari 16 siswa kelas IB SD Inpres Maulafa terdapat 14 siswa yang kesulitan membaca permulaan Dari data yang diperoleh diketahui yang menjadi aspek kesulitan tertinggi adalah aspek kelancaran membaca atau membaca nyaring dengan persentase 30,43%. Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDI Maulafa adalah kesulitan mengidentifikasi huruf vokal maupun konsonan, kesulitan merangkai huruf, menghilangkan huruf, mengeja terbata-bata, mengucapkan salah kata, tidak memahami isi bacaan dan kurang konsentrasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa setiap aspek membaca saling berkaitan dan mempengaruhi antara aspek membaca yang lain. Diharapkan agar pembelajaran membaca pada tingkat dasar harus diajarkan secara benar agar dapat menjadi dasar untuk membaca secara tepat, jelas dan benar.