ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBERIAN TUGAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS V SDN SIDOMULYO II

Authors

  • Rista Apriliya Devi Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Analisis, Model Tugas Pembelajaran

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang cukup terhadap penerapan pemberian tugas dalam pembelajaran yang relevan pada mata pelajaran Matematika pada anak Sekolah Dasar kelas V. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab Penerapan Model Pemberian Tugas Pembelajaran Matematika Pada Anak Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran matematika hal tersebut membuat siswa mudah bosan dan tidak tertatik untuk mempelajarai materi. Sedangkan siswa kesulitan untuk mengerjakan tugas matematika secara mandiri, siswa biasanya membutuhkan bimbingan orang tua ataupun teman sebaya untuk membantu memahami materi. Metode pemberian tugas matematika juga dilakukan dengan cara yang biasa yaitu dengan meminta siswa untuk mengerjakan tugas lalu mengirimkan tugas berupa foto (untuk pembelajaran pada masa pandemi) hal itu dinilai tidak efektif karena guru tidak dapat mengetahui kemampuan siswa secara mandiri karena tidak mengetahui proses pengerjaan siswa. Maka dapat disimpulkan jika lebih baik guru memberikan metode pemberian tugas matematika sesuai dengan kehidupan sehari-hari, seperti dalam materi volume guru meminta siswa
untuk mengukur berapa kerucut yang dibutuhkan untuk mengisi penuh beras di dalam sebuah tabung yang memiliki jari-jari dan tinggi yang sama. Dengan metode pemberian tugas yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari diharapkan siswa mampu lebih mudah untuk memahami suatu materi pelajaran

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles