PENGGUNAAN STRATEGI GROUP RESUME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN GAGASAN POKOK OLEH SISWA KELAS IV SD INPRES LAUS

Authors

  • Eang Sandri Manoe Universitas Nusa Cendana
  • Karus Maria Margareta Universitas Nusa Cendana
  • Sarah Nurhabibah Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Strategi Group Resume, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung pada siswa kelas IV SD Inpres Laus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif, mencari persen nilai ketuntasan per siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam 70, sebelum menggunakan strategi pembelajaran group resume hanya ada 4 siswa (25%) yang tuntas, sedangkan 12 siswa (75%) belum tuntas. Setelah menggunakan strategi pembelajaran group resume dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pada siklus I diperoleh data 8 siswa yang tuntas (50%) dan 8 siswa belum tuntas (50%). Pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (100%). Terjadi peningkatan hasil belajar dari pra-siklus ke siklus I yaitu sebesar 25% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Group Resume dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles