PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DIMASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Dessy Novianty Pakpahan Universitas Negeri Medan

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis model dan media pembelajaran
serta interaksi antara jenis model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia
siswa. Penelitian ini mengunakan rancangan factorial 2 x 2. Ada dua faktor yang
diujicobakan yaitu: faktor A: Jenis model pembelajaran terdiri dari 2 taraf yaitu A1 =
model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) dan A2 = model
pembelajaran PBL, faktor B: Media pembelajaran terdiri dari 2 taraf yaitu B1= media
Video dan B2 = media Power Point. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α =
0,05 diperoleh Fhit (A) dan Fhit (B) > Ftabel artinya ada pengaruh jenis model dan media
pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa di SMK dan Fhit (AB) > Ftabel atau
10,88 > 4,0, artinya ada interaksi antara jenis model dan media pembelajaran terhadap
hasil belajar kimia siswa di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran SAVI menggunakan media Video memberikan
rataan (8,2 ± 0,9) dan menggunakan media Power Point memberikan rataan (7,1 ± 0,54).
Siswa yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media Video memberikan
rataan (8,1 ± 0,68) dan menggunakan media Power Point memberikan rataan (7,8 ±
0,97).

Kata kunci: Model pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.

 

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Pakpahan, D. N. (2021). PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DIMASA PANDEMI COVID 19. SAINSTEK, 5(1), 40–51. Retrieved from https://conference.undana.ac.id/index.php/sainstek/article/view/224