Pengaruh Layanan Informasi terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tarakan
Keywords:
Layanan Informasi, Penyesuaian DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tarakan. Berdasarkan observasi ditemukan, masih ada siswa yang mengalami penyesuaian diri yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena sebagian siswa masih belum memiliki rasa percaya diri, belum tahu cara meraih prestasi di sekolah, kurang mampu menyalurkan bakat dan minat di sekolah, belum paham etika yang baik dalam pergaulan teman sebaya, sulit bergaul dengan teman- teman di sekolah, dan kurangnya hubungan yang baik dengan teman,guru di lingkungan seperti siswa sering berperilaku tidak sopan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyesuaian diri adalah menerapkan layanan informasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment one-group pretest-postest design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 33 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket berupa skala likert tentang penyesuaian diri. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tarakan.
References
Ce Gunawan. (2020).Mahir Menguasai SPSS . Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Sleman: Deepublish CV. Budi Utama.
Fazar, M. (2017). Tingkat Kepuasan Siswa dalam Peminatan Program Studi pada Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(2), 52-57.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendriati, Agustiani. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.
Kasna, W. O., Muharam, L. O., & Binasar, S. S. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 107–116. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10495
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081
Maganti IT. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan, Perdana Publishing. Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 307-317.
Maslow, A.H. (2021). Hierarchy of Needs and School Psychology. Education Psychology Review, 33(2), 213-230.
Nahak, M. S., Upa, M. D., & Apriliana, I. P. A. (2023). Hubungan Penyesuaian Diri dengan Keterampilan Problem Solving pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3).
Nuryadi, T. D. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
Padmi, N. M. D., & Marthen, H. (2020). Kecakapan Mahasiswa Memanfaatkan Teknologi Informasi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.35334/jbkb.v2i2.1758
Putri, P. D., Nusantoro, E., & Saraswati, S. (2017). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 6(3), 60–66. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Regiani, K., & Sulasminten, M. P. (2016). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Organisasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Akademik Siswa di SMP Negeri 15 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1).
Sari, A. K., Muhsin, & Rozi, F. (2020). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923–935. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Sullivan, H.S. (2020). The Interpersonal Theory of Psychiatry. New York: W.W. Norton & Company.