Analisis Pengaruh Self Talk Positif dan Self Talk Negatif: Kajian Literatur
Keywords:
self talk positif, self talk negatif, kecemasanAbstract
Self talk atau dialog internal merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian namun sering tidak disadari membawa dampak besar terhadap aspek psikologis termasuk kecemasan, yang merupakan masalah psikologis yang dialami mayoritas orang. Dengan mengkaji literatur sebelumnya, fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana self talk berfungsi untuk mencapai kesejahteraan mental seseorang, khususnya dalam hal mengatur kecemasan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini berupa kualitatif dengan metode studi literatur. Teknik sampel purposive digunakan untuk memilih literatur yang fokusnya adalah studi yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir, bersumber dari jurnal dan artikel dan menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdialog dengan diri sendiri khususnya dialog positif dapat menurunkan tingkat kecemasan dan menjadi lebih baik dalam mengelola diri sendiri. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan berbagai fokus variabel terkait self talk yang mana akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait bagaimana self talk mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.
References
Agustina, M., Tanta, R., & Kautsar, K. (2023). Penyuluhan Self Talk dalam menurunkan Tingkat Kecemasan pada Lansia dengan Hipertensi di RT 01/RW 08 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 3(1), 261-267.
Alderson-Day, B., & Fernyhough, C. (2015). Inner speech: Development, cognitive functions, phenomenology, and neurobiology. Psychological bulletin, 141(5), 931.
AR, M., & RAZAK, A. (2023). GAMBARAN KECEMASAN PENYINTAS COVID-19. HEALTHY: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(1), 11-22.
Barnes, D. M., & Des Jarlais, D. (2019). Feasibility of a simple and scalable cognitive-behavioral intervention to treat problem substance use. Journal of Substance use, 24(6), 693-695.
Brinthaupt, T. M. (2019). Individual differences in self-talk frequency: Social isolation and cognitive disruption. Frontiers in Psychology, 10, 1088.
Cooper, K. B., Wilson, M. R., & Jones, M. I. (2021). Fast talkers? Investigating the influence of self-talk on mental toughness and finish times in 800-meter runners. Journal of Applied Sport Psychology, 33(5), 491-509
Eagleson, C., Hayes, S., Mathews, A., Perman, G., & Hirsch, C. R. (2016). The power of positive thinking: Pathological worry is reduced by thought replacement in Generalized Anxiety Disorder. Behaviour research and therapy, 78, 13-18.
Fariza, Y. (2022). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Flanagan, R. M., & Symonds, J. E. (2022). Children's self-talk in naturalistic classroom settings in middle childhood: A systematic literature review. Educational Research Review, 35, 100432.
Fritsch, J., Feil, K., Jekauc, D., Latinjak, A. T., & Hatzigeorgiadis, A. (2024). The relationship between self-talk and affective processes in sports: A scoping review. International Review of Sport and Exercise Psychology, 17(1), 482-515
Furman, C. R., Kross, E., & Gearhardt, A. N. (2020). Distanced self-talk enhances goal pursuit to eat healthier. Clinical Psychological Science, 8(2), 366-373.
Gillan, C. M., Kosinski, M., Whelan, R., Phelps, E. A., & Daw, N. D. (2016). Characterizing a psychiatric symptom dimension related to deficits in goal-directed control. elife, 5, e11305.
Goldberg, M. B., Mazzei, M., Maher, Z., Fish, J. H., Milner, R., Yu, D., & Goldberg, A. J. (2018). Optimizing performance through stress training—an educational strategy for surgical residents. The American Journal of Surgery, 216(3), 618-623.
Hidayatullah, R. M., & Al Alufi, F. N. (2021). Efektivitas self-talk terhadap pengelolaan kesehatan mental di tengah pandemi covid-19. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(1), 38-48.
Latinjak, A. T., Font-Lladó, R., Zourbanos, N., & Hatzigeorgiadis, A. (2016). Goal-directed self-talk interventions: A single-case study with an elite athlete. The Sport Psychologist, 30(2), 189-194.
Latinjak, A. T., Hardy, J., & Hatzigeorgiadis, A. (2020). Pieces of the self-talk jigsaw puzzle: An introduction. In Self-talk in Sport (pp. 11-27). Routledge
Manna, M. (2019). Teknik Self-Talk untuk Mnegurangi Kecemasan pada Lansia dengan Gangguan Cemas Menyeluruh. Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang Dan Tantangan, 117-121.
Morin, A. (2018). The self-reflective functions of inner speech: Thirteen years later. Inner speech: New voices, 276-298.
Nisa, H. F., & Pranungsari, D. (2021). Positive Self-Talk untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Pada Lanjut Usia Dengan Hipertensi. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 20(2), 170-180.
Oleś, P. K., Brinthaupt, T. M., Dier, R., & Polak, D. (2020). Types of inner dialogues and functions of self-talk: Comparisons and implications. Frontiers in Psychology, 11, 227.
Park, S. H., Lim, B. S., & Lim, S. T. (2020). The effects of self-talk on shooting athletes’ motivation. Journal of sports science & medicine, 19(3), 517.
Putri, M., & Bachri, Y. (2022). Efektifitas penerapan terapi self talk dan manajemen stres terhadap penurunan tingkat kecemasan remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 23-28.
Putri, N. K. R. A., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. (2022). Efektivitas konseling rebt pendekatan teknik self-talk untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMAN “A” denpasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 215-223.
Savitri, L. L., Ramli, M., & Multisari, W. (2023). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral dengan teknik self-talk untuk mengurangi kecemasan mahasiswa semester akhir dalam penyelesaian skripsi. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 37-44.
Tambunan, S. (2018). Pengaruh Konseling Self Talk Terhadap Tingkat Kecemasan. Madaniyah, 8(1), 41-52.
Thomaes, S., Tjaarda, I. C., Brummelman, E., & Sedikides, C. (2020). Effort self‐talk benefits the mathematics performance of children with negative competence beliefs. Child Development, 91(6), 2211-2220.
Wulanndari, N. I., Gunardi, S., & Yuliza, E. (2024). Hubungan Self-Talk dan Dukungan Sosial Terhadap Tingkat Kecemasan Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Keperawatan Semester Akhir Universitas Indonesia Maju Jakarta Tahun 2023. Vitalitas Medis: Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 1(3), 01-12.
Zelfi, S. N. V., Azzahra, F., Adriani, G. Z., Maharani, T., & Rusli, D. (2023). PENGARUH Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Lansia The Effect Of Psychoeducation To Reduce Anxiety In The Elderly. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 71-80.