Analisis Pengaruh Strength-Based Parenting Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP

Authors

  • Qanita Najla Nazhifa Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Strength-Based, Parenting, Percaya Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strength based parenting terhadap kepercayaan diri siswa SMP. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi literatur, dimana data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal dan artikel yang relevan dengan tema penelitian. Teknik analisis dilakukan dengan mengkaji dan mensintesis informasi dari literatur yang ada untuk menemukan pola dan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strength based parenting, yang menekankan pengembangan kekuatan individu anak, berkontribusi positif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Berbagai studi yang dikaji mengindikasikan bahwa anak-anak yang didukung melalui pendekatan ini cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dan lebih mampu menghadapi tantangan di sekolah. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung yang menekankan pada pengembangan kekuatan pribadi, pendidik dan orang tua dapat membantu siswa berkembang secara akademis dan sosial, mempersiapkan mereka untuk tantangan di masa depan.

References

Jach, H. K., Sun, J., Loton, D., Chin, T. C., & Waters, L. E. (2018). Strengths and Subjective Wellbeing in Adolescence: Strength-Based Parenting and the Moderating Effect of Mindset. Journal of Happiness Studies, 19(2), 567-586. https://doi.org/10.1007/s10902-016-9841-y

Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Nandana, D. D., Maksum, A., & Priambodo, A. (2020). Pengaruh latihan pencak silat terhadap pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 23-31.

Rizzo, R. & Vio, G. (2021). "The Role of Social Support in Building Self-Confidence Among Adolescents." Journal of Youth and Adolescence, 50(5), 938-949. doi:10.1007/s10964-021-01446-5.

Sağkal, A. S. (2019). Direct and indirect effects of strength-based parenting on adolescents’ school outcomes: Exploring the role of mental toughness: Journal of Adolescence, Volume 76, Pages 20-29.

https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.08.001.

Sağkal, A. S., & Özdemir, Y. (2019). Strength-based parenting and adolescents' psychological outcomes: The role of mental toughness. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 29(2), 177-189.

https://doi.org/10.1017/jgc.2019.7

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). "Motivation and Self-Efficacy: The Role of Achievement." Educational Psychologist, 55(2), 90-103. doi:10.1080/00461520.2019.1683677.

Sinulingga, R. S. B., Darmayanti, N., & Fadilah, R. (2024). PENGARUH FATHER INVOLVEMENT TERHADAP RESILIENSI DAN STRES AKADEMIK SISWA. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1156-1172.

Syafrizal, S. (2023). Pengaruh Rasa Percaya Diri Guru Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Serambi Tarbawi, 11(2), 13-28.

Waters, L., Loton, D., & Jach, H. (2019). The relationship between strength-based parenting and children’s academic achievement. Educational Psychology, 39(7), 835-851. DOI: 10.1080/01443410.2019.1627755.

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles