Program Bimbingan dan Konseling Siswa MAN 1 Kota Serang Berbasis Aplikasi Inventori Tugas Perkembangan
Keywords:
Peserta didik, ITP, Tugas Perkembangan, Bimbingan Konseling, InstrumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) sebagai aplikasi tugas perkembangan, serta membuat program orientasi dan konseling sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Serang. Penelitian ini mengikutsertakan peserta didik kelas 10 pada tahun ajaran 2024/2025 sebagai subjek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat Inventori Tugas Perkembangan (ITP) sebagai alat pengungkapan data. Adapun penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data serta menganalisis kebutuhan serta kesulitan peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai penggunaan serta pemanfaatan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) sebagai instrumen untuk meningkatkan perkembangan peserta didik. Penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan instrumen Inventori Tugas Perkembangan (ITP) sebagai alat ungkap data.
References
Anwar, Kasmayani and Saman, Abdul (2018) Pengembangan Inventori Perkembangan Peserta didik (IPS). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1). 69-76. ISSN 2477-2518
Ayuna, R. S. Q., & Herdi, H. (2023). Pengembangan Program BK untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Mahapeserta didik Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 79–90. https://doi.org/dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.10711
Hakim, I. Al, & Khairun, D. Y. (2019). Profil Tugas Perkembangan Mahapeserta didik Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 577–585.
Hamdi, M., & Pitriyani. (2024). Pendampingan Administrasi Bimbingan Konseling dalam Mendukung Layanan Bimbingan Konseling di SMPN 7 Muaro Jambi. BATIK: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 2(1), 11–16. https://doi.org/doi.org/10.57152/batik.v2i1.1069
Hasibuan, U. M., & Asbi. (2024). Gambaran Analisis Inventori Tugas Perkembangan Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Coution : Journal of Counseling and Education, 5(1), 15–21. https://doi.org/doi.org/10.47453/coution.v5i1.1802
Khairun, D. Y., & Nurmala, M. D. (2020). Program Bimbingan dan Konseling Mahapeserta didik FKIP Untirta Berbantuan Software Analisis Tugas Perkembangan. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 14–23. https://doi.org/doi.org/10.30870/jpbk.v5i1.7915
Mahmud, A., & Sunarty, K. (2012). Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan dan konseling. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Rahmadani, R., Neviyarni, & Firman. (2021). Manajemen Bimbingan dan konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2973–2977.
Rahmatunnida, Nurhidayah, M., Akmali, R. Z., & Marja. (2024). Layanan Bimbingan dan konseling Melalui Pendekaran Komprehensif. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 21(1), 104–118.
Triyani, W., Pauji, A. I., & Malik, A. (2024). Manajemen Layanan Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Bullying di SMPN 13 Kota Tasikmalaya. MANAJERIAL Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 197–210. https://doi.org/doi.org/10.70143/manajerial.v4i1.351
Wahidah, N., Cuntini, C., & Fatimah, S. (2019). Peran Dan Aplikasi Assessment Dalam Bimbingan Dan Konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(2), 45–56. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.3021
Zuhra, F., Martunis, & Nasution, J. A. (2023). Analisis Capaian Tugas Perkembangan Peserta didik dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Terhadap Peserta didik SMAN 3 Banda Aceh). Jurnal Suloh, 8(1), 30–38. https://doi.org/doi.org/10.24815/suloh.v8i1.32833