Menelaah Perbedaan Kecerdasan Emosi Pada Anak dengan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Permisif
Keywords:
Kecerdasan emosi, pola asuh otoriter, pola asuh permisifAbstract
Artikel ini merupakan sebuah artikel konseptual yang bertujuan untuk menelaah lebih lanjut terkait perbedaan pengembangan kecerdasan emosi yang dimiliki anak dengan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seorang individu dalam mengelola perasaan dan emosi pada diri sendiri dalam situasi apapun. Pola asuh dapat didefinisikan sebagai cara pengasuhan yang diberikan orang tua kepada anak secara berkelanjutan untuk membentuk kepribadian anak sejak dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam beberapa kajian literur menunjukkan bahwa pola asuh permisif lebih membuat anak lebih terbuka dan ekspresif kepada orang tua sehingga meningkatkan kecerdasan emosi pada anak dibandingkan pada pola asuh otoriter yang lebih menekan anak. Untuk meningkatkan kecerdasan emosi pada anak perlunya pengimplementasian pola asuh yang sesuai dengan karakter anak dan tidak memberikan penekanan yang berlebih pada anak seperti pola asuh permisif sehingga anak akan dapat mengekspresikan dirinya dan mengelola emosi dengan baik.
References
Adawiah, R. (2017). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. Vox Edukasi, 11(1), 549203.
Al-Elaimat, A., Adheisat, M., & Alomyan, H. (2020). The relationship between parenting styles and emotional intelligence of kindergarten children. Early Child Development and Care, 190(4), 478–488.
Berk, L. E. (2013). Development through the lifespan (6th ed.). Pearson Education.
Bone, P. P. I. Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kabupaten Bone.
Damaryanti, F. A. N., Nelma, H., & Palupi, T. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Kelas VIII SMPN 22 Bekasi. In Seminar Nasional–Universitas Borobudur (Vol. 2, No. 1).
Darmalaksana, W. (2020). Hasil dan Pembahasan untuk artikel konseptual. Jurnal Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin, 1(5), 1-7.
Erdaliameta, A., Khurotunisa, R., Nana, N., & Tohani, E. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4521-4530.
Ginting, A. H. B., & Ichsan, I. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 13(1), 1-9
Hidayati, N. I. (2014). Pola asuh otoriter orang tua, kecerdasan emosi, dan kemandirian anak SD. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 1-8.
Kadir, A. (2020). Pola asuh orang tua (faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa).
Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(2), 153-160.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60.
Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.
Ma'arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30-54.
Nur Aini, F. (2022). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA MA RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG (Doctoral
dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Putri, N. K., & Alpiah, D. N. (2024). HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PRA SEKOLAH: LITERATURE REVIEW. Jurnal Multidisiplin
Ilmu Akademik, 1(3), 221-229.
Rahman, U., Mardhiah, M., & Azmidar, A. (2015). Hubungan antara pola asuh permisif orangtua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 116-130.
Renaldi, A. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Pada Murid Mi Nafiatul Huda Demakan (Doctoral dissertation).
Rohayani, F., Murniati, W., Sari, T., & Fitri, A. R. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25-38.
Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh pola asuh otoriter orang tua bagi kehidupan sosial anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76-80.
Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh pola asuh otoriter orang tua bagi kehidupan sosial anak.
Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76-80.
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923-930.
Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis pola asuh otoriter orang tua terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128-137.
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.
Windayani, N. L. I., & Putra, K. T. H. (2021). Pola Asuh Otoritatif Untuk Membentuk Karakter Anak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173-182.