Analisis Pemahaman Siswa terhadap Bullying
Keywords:
Bullying, pemahaman siswa, bimbingan konselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat pemahaman siswa terkait bullying di lingkungan sekolah, dengan menyoroti dampak, jenis, serta respons siswa terhadap perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara persentase untuk memaparkan fenomena bullying di kalangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman tentang konsep bullying dan menyadari dampak negatif yang diakibatkan. Empati siswa terhadap teman yang menjadi korban bullying juga cukup tinggi, terlihat dari tindakan mereka membantu atau melaporkan insiden bullying kepada guru atau orang dewasa. Meskipun demikian, masih ada siswa yang mengalami bullying, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun sosial, yang menimbulkan perasaan tidak nyaman, kecemasan, serta berkurangnya motivasi belajar. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan kebijakan intervensi di sekolah yang melibatkan perubahan kebijakan, aturan kelas, dan partisipasi seluruh elemen sekolah untuk menciptakan lingkungan aman bagi siswa. Pendekatan design thinking dalam pengembangan kebijakan anti-bullying dapat membantu sekolah menciptakan lingkungan bebas bullying. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam merancang strategi yang efektif untuk pencegahan dan penanganan bullying, sehingga tercipta suasana belajar yang aman dan kondusif bagi kesejahteraan siswa secara menyeluruh.
References
Barsah, Zulfahmi. (2024). Fenomena Bullying Terhadap Kenyamanan Belajar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol 3 : 3. https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v3i3.2416
Dhiya Kezia & Dwi Dasalinda. (2024). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Bullying pada Siswa Kelas X SMA Negeri 96 Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Keluarga. Vol 6 : 2. https://doi.org/10.47467/as.v6i2.6734
Frenanda, Putri. (2022). Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Siswa SMP. Jurnal Intervensi Psikologi. Vol 15 : 1. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss1.art5
Hidajat, dkk. (2015). Dampak media sosial dalam Cyber Bullying. Jurnal Comtech. https://www.neliti.com/id/publications/166217/dampak-media-sosial-dalam-cyber-bullying
Husnunnadia, Ratu & Zaenul. (2024). Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 9 : 1. https://10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp28-42
Jayani, D. H. (den 12 Desember 2019). PISA: Murid Korban 'Bully' di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. Hämtat från databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia
Marfuatun, Suma’yah & Fitri. (2022). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN BULLYING PADA TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMK. Jurnal Konseling Pendidikan. Vol 6 : 2. https://doi.org/10.29408/jkp.v6i2.7683
Maulana, Farih Sidik. (2024, 04 September). Siswa SMA Di-bully hingga Masuk RSJ, KPAI Soroti Perlindungan Sekolah. Diakses pada 20 Oktober 2024, dari https://news.detik.com/berita/d-7523197/siswa-sma-di-bully-hingga-masuk-rsj-kpai-soroti-perlindungan-sekolah.
Nursalim, M. (2022). Pelatihan Konseling Traumatis untuk Membantu Korban Bullying di SMA Kota Surabaya. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement. Vol 3: 2. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1183
Risch, R. F., Andrian, R. L., Maulana, R., Rahmah, S., & Taryana, A. (2022). Penggunaan Design Thinking Model Pada Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 24(4), 42–46. https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.11585
Saribu, E. C. (2015). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Pada Kelas IX SMP N 8 Cilacap. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sheila, Laras & Kurniasari. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika dan Kesehatan. Vol 4 : 3. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.99-105
Trisna, Eka Wihani. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Educurio : Education Curiosity. Vol 1 : 1. https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/104
Yunika, Riri, Alizamar, Indah Sukmawati. (2013). Upaya bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullyng di SMA Negeri se Kota Padang. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(3):21-25. https://www.researchgate.net/publication/317507949_Upaya_Guru_Bimbingan_dan_Konseling_dalam_Mencegah_Perilaku_Bullying_di_SMA_Negeri_Se_Kota_Padang