Kesehatan Mental dalam Genggaman: Strategi Manajemen Emosi untuk Menghadapi Stres di Era Ketidakpastian

Authors

  • Heru Dwi Herbowo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Keywords:

Kesehatan Mental, Strategi Manajemen Emosi, Stres, Era Ketidakpastian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merangkum berbagai strategi manajemen emosi yang dapat digunakan untuk menghadapi stres di era ketidakpastian, serta dampaknya terhadap kesehatan mental individu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, di mana data dan informasi dikumpulkan dari berbagai sumber literatur, termasuk artikel jurnal, buku, skripsi dan laporan penelitian terkait kesehatan mental dan manajemen emosi. Teknik analisis yang diterapkan adalah analisis tematik, yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dalam literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen emosi seperti mindfulness, teknik relaksasi, dan pengembangan keterampilan komunikasi efektif memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa dukungan sosial dan lingkungan yang positif juga berkontribusi signifikan terhadap kemampuan individu dalam mengelola emosi dan stres di tengah ketidakpastian. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi yang diberikan adalah perlunya integrasi strategi manajemen emosi dalam program pendidikan dan pelatihan di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan tempat kerja. Selain itu, penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental dan dukungan sosial dalam menghadapi tantangan yang dihadapi di era ketidakpastian. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengeksplorasi intervensi yang lebih spesifik sehingga dapat diterapkan untuk meningkatkan manajemen emosi dan kesehatan mental di berbagai konteks.

References

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi gejala stres akademik dan kecenderungan pilihan strategi koping siswa berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197-208.

Bahari, J. I. (2020). HUBUNGAN PERAN KELUARGA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI REMAJA. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 187-201.

Darlis, I., TA, T. D., Putri, A., Kas, S. R., Yanti, P., Allo, A. A., & Mustakim, M. (2023). Edukasi Remaja dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental di SMAN 8 MAROS. Window of Community Dedication Journal, 67-74.

Darsono, A. O. N. A. (2022). Dampak Pandemi Global (COVID19) Terhadap Perekonomian Pekerja Perempuan di Amerika Serikat. Interdependence Journal of International Studies, 3(1), 15-28.

DIDIK, P. P. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrianti, N. R., & Surur, N. (2023). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 7(1), 1-8.

Florensa, F., Hidayah, N., Sari, L., Yousrihatin, F., & Litaqia, W. (2023). Gambaran Kesehatan Mental Emosional Remaja. Jurnal Kesehatan, 12(1), 112-117.

Gartzke, E., & Lindsay, J. R. (2024). Elements of Deterrence: Strategy, Technology, and Complexity in Global Politics. Oxford University Press

Hidayah, F., Ramadhana, M. R., Mutiara, T., & Purnamasari, N. (2022). Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ibda, F. (2023). Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres Dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan. Intelektualita, 12(2).

Idaiani, S. (2010). Kesehatan Jiwa di Indonesia dari Deinstitusionalisasi sampai Desentralisasi. Kesmas, 4(5), 2.

Jabeen, F., Tandon, A., Sithipolvanichgul, J., Srivastava, S., & Dhir, A. (2023). Social media-induced fear of missing out (FoMO) and social media fatigue: The role of narcissism, comparison and disclosure. Journal of Business Research, 159, 113693.

Juniar, E. N., Latifah, A. M. A., Silla, J. P., & Ngongo, C. G. (2024). Pelayanan Kesehatan Remaja di Daerah Terpencil: Strategi Holistik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental dan Edukasi Seksual. Bengawan Nursing Journal, 2(1), 7-13.

Kartikasari, N. (2019). Hubungan Antara Literasi Kesehatan Mental Dan Stigma Diri Terhadap Intensi Mencari Bantuan Pada Dewasa Awal (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Khairunnisa, N., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1360-1369.

Maharani, K. R., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Siswa Kelas X Di Sman 15 Semarang. Jurnal Empati, 9(4), 280-286.

Munawati, M., Wahyuddin, W., & Marsuki, N. R. (2024). Transformasi Pekerjaan di Era Digital: Analisis Dampak Teknologi Pada Pasar Kerja Modern. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 28-37.

Noer, K. U., Putra, S., Ghozi, A., Madewanti, N. L. G., & Widiyowati, T. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 4(1), 119-142.

Pratiwi, D. A., Adam, A., & Nurlinda, A. (2024). Pengaruh Pengunaan Medsos Terhadap Perilaku Penyimpangan Seksual Remaja SMA Al-Ihsan Lekopancing Maros: The Effect of Social Media Use on Sexual Deviant Behavior of Adolescents of Al-Ihsan Lekopancing Maros High School. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(2), 25-35.

Pykett, J., Campbell, N., Fenton, S. J., Gagen, E., Lavis, A., Newbigging, K., ... & Williams, J. (2023). Urban precarity and youth mental health: an interpretive scoping review of emerging approaches. Social Science & Medicine, 320, 115619.

Rakhmaniar, A. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Komunikasi Pada Pemimpin Organisasi: Studi Kasus Pada Perusahaan Manufactur Dikota Bandung. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 1(4), 52-63.

Rahmy, H. A., & Muslimahayati, M. (2021). Depresi dan kecemasan remaja ditinjau dari perspektif kesehatan dan islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35-44.

Ramadhanti, A. (2024, August). DAMPAK MENTAL HEALTH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 2, No. 1).

Rofiq, A. A. (2019). Berbagai Strategi Bimbingan Konseling Islam Dalam Menghadapi Peluang Dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling): http://jigc. dakwah. uinjambi. ac. id| ISSN (Print), 2088-4842.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Sudirman, N. A., Rahayu, A. P., Pattipeilohy, P., & Mutmainnah, I. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter pada Remaja Generasi Z dalam Mengelola Kondisi Emosional. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1862-1873.

Sciacca, B., Mazzone, A., & Norman, J. O. H. (2023). The mental health correlates of cybervictimisation against ethnic minority young people: a systematic review. Aggression and violent behavior, 69, 101812.

Setiawati, N. A., Ramadhita, S. U., Zanwar, A., & Noviandina, N. (2024). Teknik Relaksasi untuk Kecemasan dan Stres Pada Remaja: Kajian Sistemik. Jurnal Psikologi, 1(4), 14-14.

Syafira, V., & Paramastri, I. (2018). Efektivitas pelatihan mindfulness untuk menurunkan ego depletion pada mahasiswa baru. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 1-12.

Yulianti, H., Umami, S. B., & Fathoni, M. (2023). Eksplorasi Faktor Psikososial Yang Mempengaruhi Penyebab Konflik Siswa Di Lembaga Pendidikan Era Pasca Pandemi. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(4), 178-193.

Zai, E. C. (2024). PSIKOLOGI KETIDAKPASTIAN MENGELOLA KETIDAKPASTIAN HIDUP DENGAN BIJAKSANA. Circle Archive, 1(4).

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles