Pengaruh Diskusi Kelompok terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Malinau Kota
Keywords:
Diskusi Kelompok, Minat BelajarAbstract
Minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki senang dan bahagia tanpa adanya paksaan dari siapapun sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan, keterampilan, tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskusi kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Malinau Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan pre-eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan metode undian, sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang minat belajar. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired simple t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpilkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh diskusi kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Malinau Kota.
References
Apriliani, M. D., Hestiningrum, E., Rosada, U. D., & Santosa, H. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik FGD Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMP N 1 Madukara. Jurnal Konseling Gusjigang, 9(1), 25–33.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Arhesa, S., Sofyan, D., & Ramadhan, M. F. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Journal Respecs, 2(2), 57–62.
Febriningtyas, L. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.
Jannah, N. M., & Syawaluddin, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Putri melalui Bimbingan Kelompok di Panti Asuhan Hanifa Jorong 3 Kampung Nagari Gadut Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yasin, 3(1), 139–146. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i1.877
Lestari, U. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Negeri Tarakan Tahun Ajaran 2019/2020.
Maulidia, D. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH, 170205043, 16.
Rahmi, S., Ardiwinata, E., Fadilah, N., Ismuniar, C., & Anwar. (2023). Problematika Peserta Didik Dari Aspek Akademik. CV. KANAKA MEDIA.
Salwa. (2022). Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kedisiplinan Skripsi Oleh : Salwa.
Shidiq, A. S. (2016). Pembelajaran sains kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SNKPK) VIII, 227–236.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Instruksional, 1(2), 152–158.