Identifikasi Kebutuhan Media Bimbingan dan Konseling dalam Dimensi Kemandirian sebagai Optimalisasi Program “P5”
Keywords:
Media, Kemandirian, Pelajar PancasilaAbstract
Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada usia belajar. Pendidikan karakter merupakan proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Karakter yang baik telah dimiliki tiap individu, namun potensi tersebut perlu dipupuk melalui kegiatan sosialisasi dan pendidikan karakter sejak usia belajar. Penerapan pendidikan karakter di sekolah dilakukan melalui pembelajaran di kelas. Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tentunya peran guru semakin banyak dalam penerapanya. Sehingga adanya peneilitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi kebutuhan media bimbingan dan Konseling yang penggunaanya dapat mengoptimalkan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data dilakukan melalui describing data, categorization data dan connecting data. Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memanfaatkan siswa sebagai media itu sendiri. Penyelenggaraan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan siswa mampu menciptakan pengalaman-pengalaman langsung selama proses belajarnya. Sehingga dalam penerapanya, guru sangat berperan sebagai fasilitator sedangkan eksekusi akan dilakukan oleh siswa. Guru sebagai fasilitator memiliki tugas untuk menentukan tujuan pembelajaran, tema maupun topik yang akan diusulkan kemudian penyesuaian dimensi yang tepat. Selain itu, guru juga berperan sebagai pengarah segala hal bergerak sesuai dengan ketentuanya.
References
Aprila,Murni., Yeni J, Fetri., Bentri, Alwen., Amsal, Mutiara Felicita. 2024. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) sebagai Perwujudan Penerapan Kurikulum Merdeka di MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 8 Nomor 1. Pp: 1147-11478
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja
Azizah, I. N., & Djamilah Bondan Widjajanti. (2019). No "Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6 (pembelajaran berbasis proyek), Desember 2019 (Terakreditasi). Jawa Barat: Universitas Negeri Yogyakarta.
Agus Wibowo.(2011). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basri, A.S.H, 2010. Peran Media dalam Layanan Bimbingan Konseling Islam di Sekolah. Jurnal Dakwah, Volume XI Nomor 1
Diah Padmi, Ni Made. 2020. Pengembangan Media dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: CV. Kanaka Media.
Cosner, S. (2020). A Deeper Look Into Next Generation Active Learning Designs for Educational Leader Preparation. Journal of Research on Leadership Education, 15(3), 167–172. https://doi.org/10.1177/1942775120936301
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Diambil dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Herwinda, P.D dan Derajat, E.K, 2020. Pengembangan Media BK Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Menanamkan Nilai Karakter pada Siswa SD. Elementary School Volume 7 Nomor 1
Ian, D. 2005. Qualitative Data Analysis: A User Friendly Guide for Social Scientists. This Edition in The France: Tayor & Francise Library International, Inc
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 76–84.
Indriani, Setia S., Lestari, Ria Y., Juwandi, Ronni. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Profil Peserta Didik sebagai Pelajar Pancasila di SMPN 1 Kota Serang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. Vol. XI, No. 3. Pp: 397-405
Kusmanto. 2015. Penggunaan Media dan Teknologi dalam Membentuk Karakter Cerdas Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi
Khoiriah, Umi. 2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di MTsN 11 Jombang. Edu Aksara: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 2, No. 1. Pp: 1-13
Mappiare, A. 2013b. Tipe-tipe Metode Riset Kualitatif: Untuk eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan dan konseling. Malang: Elang Emas bersama Prodi Bimbingan dan Konseling
Kamal, M., & Rochmiyati, S. (2022). Indikator Kemandirian dalam Profil Pelajar Pancasila pada Akhir Fase C Rentang Usia 12-15 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 150-171.
Ria S, Siti R, Banun H.C.K. 2023. Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila dalam Kegiatan Proyel Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana dsri Botol Bekas Plastik Bekas. Elementary School. Vol. 10 No. 1. Pp: 87-98