Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Tengaran, Semarang
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar, Siswa, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap peningkatan motivasi belajar IX di SMP Negeri 4 Tengaran, Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain penelitian one group pre-test & post-test dengan menggunakan uji analisis data Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan bantuan alat SPSS 26. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data yang dilakukan adalah nilai Asymp.Sig (2 tailed) yaitu .000 lebih dari kecil dari 0.05, maka hasil hipotesis ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test yang signifikan. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan klasikal pada siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Tengaran, Semarang memiliki peningkatan dalam motivasi belajar.
References
Effendy, I (2016). Pengaruh Pemberian PreTest dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.
Harumbina, D. A., Khoirunnisa, D. R., & Maryam, S. (2022). Bimbingan Klasikal: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1(1), 61-75.
Jannah, F. (2013). Pendidikan seumur hidup dan implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1-16.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.