Penguatan Karakter Berkhebinekaan Global Siswa Melalui Cerita Rakyat Asung Luwan di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah

Authors

  • Nisa Ariantini Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

Karakter, Cerita Rakyat, Asung Luwan, Berkhebinekaan Global Siswa

Abstract

Proses pendidikan dianggap sebagai individu yang memiliki potensi moral, mental, fisik, sosial dan emosional dengan karakter yang unik. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengembangkan pengetahuan, wawasan, nilai dan karakter meskipun ada yang diwarisi dari budaya. Model pendidikan baru tersebut disampaikan melalui struktur pelaksanaan program sekolah, khususnya program untuk menggalakkan transisi satuan pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pendidikan yang baik dari segi kompetensi kognitif (literasi dan komputasi) dan non-kognitif (karakter) untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila. Dibentuknya dimensi berkhebinekaan global dapat melahirkan pelajar pancasila Indonesia yang mampu mempertahankan atau melestarikan identitas, lokalitas dan budaya leluhur, senantiasa berfikiran terbuka saat bersosialisasi dengan budaya lain sehingga meningkatkan jiwa toleransi serta menjauhkan dari perpecahan. Melalui olah rasa, olah hati, olah pikir, dan olahraga diharapkan masyarakat Indonesia memiliki wawasan yang luas terhadap dunia dengan tetap mengamalkan Pancasila.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan cerita rakyat Asung Luwan yang berkaitan dengan penerapan nilai berkhebinekaan global siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena terkait menjadi sebuah makna berdasarkan setting alamiah atau naturalistic fenomena, membentuk sebuah proposisi yang bermakna. Prosedur penelitian pengembangan dilakukan melalui describing data, categorization data, dan connecting data. Penelitian akan memiliki luaran berupa artikel published di jurnal nasional terakreditasi.

References

Azizah, I. N., & Djamilah Bondan Widjajanti. (2019). No "Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(pembelajaran berbasis proyek), Desember 2019 (Terakreditasi). Jawa Barat: Universitas Negeri Yogyakarta.

Baharuddin, M. R. (2021). "Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi)"Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), April 2021 (terakreditasi). Sulawesi Selatan: Universitas

Cokroaminoto Palopo. Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). "Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila", dalam jurnal pendidikan karakter. Januari 2021. Palembang: Universitas IKIP Palembang.

Fadli, A. (2020). The Effect of Local Wisdom-Based Elsii Learning Model on the Problem Solving and Communication Skills of Pre-Service Islamic Teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746.

Fahrozy, F. P. N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Ian, D. 2005. Qualitative Data Analysis: A User Friendly Guide for Social Scientists. This Edition in The France: Tayor & Francise Library International, Inc

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 76–84.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164.

Mappiare, A. 2013. Tipe-tipe Metode Riset Kualitatif: Untuk eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan dan konseling. Malang: Elang Emas bersama Prodi Bimbingan dan Konseling

Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7111-7120.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. BSNP Indonesia, (Online), (http://bsnp-indonesia.org, diakses 21 Oktober 2016).

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek

Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Iskandar, A. M., Hairunisya, N., Usriyah, L., Dwiantara, L., ... & Prihatiningsih, T. S. (2021). PANCASILA, Merdeka.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Sapriya, Kokom, K., & Rahmad. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Proyek Warga Global Implementation of the Global Citizen Project Learning Model. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 155–164.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti (Online), (http://sumberdaya.ristekdikti.go.id, diakses 21 Oktober 2016).

Willis, S. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles