Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Topik RIASEC terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di MAN Tarakan
Keywords:
Bimbingan Kelompok, RIASEC, Perencanaan KarirAbstract
Perencanaan karir merupakan proses atau upaya yang dilakukan seseorang dalam menyusun dan menentukan langkah apa yang ingin dicapai dalam hidup yang berkenaan dengan karirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan topik RIASEC terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di MAN Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre- experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini sebanyak 198 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 12 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert dengan mengukur aspek pemahaman diri, pengenalan lingkungan keluarga, informasi tentang program studi dan bidang pekerjaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan hasil yang diperoleh Ha diterima dan Ho ditolak melalui nilai signifikansi sebesar 0,02< 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan topik RIASEC terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di MAN Tarakan.
References
Adiputra, Sofwan. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 1.
Adityawarman, dkk. (2020). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Advice, 2(2), 165– 177.
Anjarwati, D (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teori Holland Dalam Layanan Informasi terhadap Minat Karir Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Anjarwati,dkk. (2024) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Ariani, Nurlina dkk. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Barat: Widina Bakti Persada Bandung
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M.Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jawa Barat: CV. Widina Media Utama
Bullock-Yowell E, Reardon RC. Using the self-directed search in the career construction interview. International Journal for Educational and Vocational Guidance.
Djaali. 2022. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Duruk, Ü. (2020). Investigating Students ’ Scientific Creativity and Metacognitive Awareness Level According To Riasec Interest Inventory. European Journal of Education Studies.
Kaswan. 2014. Career Development: pengembangan karir untuk mencapai kesuksesan dan kepuasan. Bandung: Alfabeta.
Kaswan. 2014. Career Development: pengembangan karir untuk mencapai kesuksesan dan kepuasan. Bandung: Alfabeta.
Maftuhah, PENGEMBANGAN KARIR DI ERA MILENIAL. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2 (2) (2017).
Prasetyo, Y. (2021). Perencanaan Karir dan Evaluasi Diri Siswa di Kota Dili Negara Timor Leste. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 51-55
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok.
Pritangguh, Mei. 2017. ’’Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Klompok Teknik Diskusi Pada Siswa Smpn 3 Kebumen”E- Journal Bimbingan dan Konseling.
Putri, I. E., Yusuf, M., & Afdal. (2021). Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1669–1675.
Putri, P (2017). Hubungan Konsep Diri Positif Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Universitas Borneo Tarakan.
Schreiber M, Gschwend A, Iller ML. The vocational ID–connecting life design counselling and personality systems interaction theory. British Journal of Guidance & Counselling.
Setyorini, I. (2024). Studi Perencanaan Karir Siswa Berdasarkan Teori Kepribadian John Holland. Skripsi, Universitas Jambi.
Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 77–88.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan pemahaman perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir disekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun 2017-2018. TABULARASA, 15(3), 316-327.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sumita, Wicaksono, L., & Yuline. (2018). Analisis Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di Kelas XII SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–10.