Profil Kecerdasan Emosional, Spiritual, dan Intelektual dalam Pergaulan Teman Sebaya Siswa SMP Negeri 24 Semarang

Authors

  • Arina Husnunnida Universitas Negeri Semarang
  • Nur ‘Alya Shabrina Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Pergaulan Teman Sebaya.

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan profil Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), dan Kecerdasan Intelektual (IQ) dalam pergaulan teman sebaya siswa di SMP Negeri 24 Semarang. Ketiga komponen kecerdasan ini sangat penting bagi siswa untuk dapat mengelola diri mereka dalam berinteraksi dengan teman sebaya di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas 9, yaitu sebanyak 250 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah 26 siswa dari kelas IX-B SMP Negeri 24 Semarang. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif, dan hasilnya menunjukkan nilai-nilai kecerdasan siswa sebagai berikut: untuk Kecerdasan Emosional, nilai minimum adalah 22, nilai maksimum 48, dan rata-rata 38,61 dengan standar deviasi 4,685; untuk Kecerdasan Spiritual, nilai minimum adalah 28, nilai maksimum 46, dan rata-rata 39,11 dengan standar deviasi 4,701; serta untuk Kecerdasan Intelektual, nilai minimum adalah 27, nilai maksimum 46, dan rata-rata 37,46 dengan standar deviasi 4,194.

References

Alwi, M., Fatmawati, F., & Ismail, I. (2021). Pengaruh Iq, Eq, Dan Sq Terhadap Motivasi Mengajar. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 92-106.

Halid, N. A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN SISWA BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SMP NEGERI I TANETE RIAJA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 40-47.

Setiawan, R. R., & Widyastuti, W. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMPN. Journal of Islamic Psychology, 1(2), 13-13.

Sanusi, M., & Salamah, U. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Akhlak Siswa Kepada Teman di MTs MAI Purwakarta. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(01), 42-53.

Oktaviana, F. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku etis mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang. Global Accounting, 1(2), 158-164.

Riyana, R., Mutmainah, K., & Maulidi, R. (2021). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Locus of Control Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 282-291.

Mafra, N., & Damayanti, R. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Pegawai (Studi Kasus: Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Kota Palembang). Jurnal Ecoment Global, 5(1), 28-39.

Hartini, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 1-16.

Pangestu, A. A. B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 14(2).

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 22-31.

Sabiq, Z. (2012). Kecerderdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial santri pondok pesantren nasyrul ulum pamekasan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Agustian, Ary Ginanjar. (2001). Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Jakarta: Arga Publishing.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, AK, & Rachmawati, R. (2019). Persiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari tingkat inteligensi dan jenis kelamin. Psikovidya, 23(1), 108-137.

Hadi, Sutrisno. (2000). Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh game online terhadap perkembangan emosi dan sosial anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481.

Prasetyo, Bambang. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170.

Uyun, N., Magdalena, I., & Maulida, Z. (2021). Definisi sejarah teori intelegensi. Jurnal Sosial dan Teknologi, 1(10), 1-145.

Veriansyah, I., Sarwono, S., & Rindarjono, MG. (2018). Hubungan tingkat intelegensi (IQ) dan motivasi belajar geografi dengan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Singkawang Kota tahun ajaran 2016/2017. GeoEco, 4(1).

Zohar, Danah, & Marshall, Ian. (2007). SQ (Kecerdasan Spiritual). Terjemahan Rahma Astuti dkk. Bandung: Mizan.

Utari, A. R. T., & Rustika, I. M. (2020). Konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial remaja sekolah menengah atas. Jurnal Studia Insania, 8(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles